Listrik Di Daerah Ini Padam Selama 16 Jam, Ini Penyebabnya Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 30kV-150kV (Foto: pln.co.id)

MerahPutih.com - Sebagian wilayah Kota Pekanbaru, Riau, mengalami pemadaman listrik hingga 16 jam sejak Minggu (3/9).

"Listrik mulai padam jam 7 malam, pada Minggu. Baru menyala lagi jam 11 siang ini. Warga tidak tahu penyebab persisnya apa," kata Muhammad Arifin, warga Kelurahan Sidomulyo Barat Kecamatan Tampan, di Pekanbaru, Senin (4/9).

Dia mengatakan, di perumahan tempat tinggalnya ada sedikitnya 40 rumah yang listriknya padam. Dia mengaku sempat menghubungi pihak PLN, namun tidak mendapat kepastian.

"Orang PLN bilang ada gangguan, tapi tidak bisa memberikan kepastian kapan bisa ditanggulangi," katanya.

Menurut dia, pemadaman tak terjadwal dengan durasi lama bukan kali ini saja terjadi. Pada awal Agustus lalu, kata dia, daerah setempat juga mengalami pemadaman selama 11 jam.

"Kami sudah muak juga apa sebenarnya yang terjadi. Padahal tarif listrik naik terus, tapi pelayanan ke konsumen makin parah," katanya.

Sementara itu, Kepala Cabang PLN Pekanbaru Kemas mengatakan, pihak mengakui adanya masalah pada jaringan listrik ke palanggan akibat hujan deras yang terjadi pada Minggu (3/9).

"Cuaca ekstrem penyebabnya. Pohon-pohon bertumbangan menimpa kabel hingga putus," kata Kemas.

Dia mengatakan, PLN berupaya keras menyelesaikan masalah itu semalaman dan petugas masih ada yang berada di lapangan. Menurut dia, PLN memang memprioritaskan daerah yang paling banyak mengalami gangguan karena kerusakan cukup luas.

"Jadi, ada sejumlah area yang memang pemulihannya cukup lama dan agak terlambat. Sekarang ada petugas kami masih berada di lapangan untuk mengatasi semuanya," kata Kemas. (*)

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH