LIPI Kembangkan Ilmu Pengetahuan Melalaui Animasi Ilmu pengetahuan dapat disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami. (Foto: Unsplash/João Silas)

SEBAGAI lembaga yang fokus pada pengembangan ilmu pengetahuan, LIPI melakukan apa saja untuk bisa menarik perhatian generasi muda akan ilmu pengetahuan. Salah satunya yakni melalui penggunaan kanal digital.

Dalam pembuatan konten pengetahuan yang menarik, kontekstual dan mudah dipahami oleh pelajar, LIPI berkolaborasi dengan platform bimbingan belajar online, Quipper.

Baca Juga:

Cara Menyenangkan Ajarkan Anak Sains Sejak Dini ala Finlandia

sains
Ruth Ayu Hapsari, Business Development Manager Quipper, Prapti Sasiwi S.Kom, Kepala Balai Informasi Teknologi LIPI dan Intan Suxi Nurhayati. (Foto: ist)

"Saya harap langkah ini dapat memasyarakatkan ilmu pengetahuan, terutama pada generasi muda," ujar Kepala Balai Informasi Teknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Prapti Sasiwi, S.Kom.

Dalam kolaborasi tersebut, LIPI memilih tiga peneliti. Jurnal yang dibuat oleh ketiga peneliti tersebut kemudian divisualisasikan dalam bentuk video pembelajaran. Konsep animasi pun dipilih agar dapat menarik minat pelajar Indonesia akan ilmu sains.

Salah satu peneliti yang terlibat adalah Peneliti Paleoseanografi LIPI, Intan Suci, Ph.D. Perempun yang didapuk oleh National Geographic sebagai 100 Perempuan Paling Berpengaruh di dunia tersebut berharap banyak anak muda yang mengikuti jejaknya sebagai Paleoseanografi atau peneliti lain.

Masuk ke dunia yang sama sekali baru baginya, Intan belajar banyak cara menjadi interaktif. "Banyak hal yang saya pelajari saat proses syuting salah satunya belajar bicara depan kamera dan menjelaskan hasil penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami," ucapnya. (avia)

Baca Juga:

5 Tempat Liburan Asyik untuk Keluarga Pencinta Teknologi

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH