Lion Air Sediakan Hiburan di Dalam Pesawat Lion Air Boeing 737-900ER (foto : Daniel Andhika/Lion Air)

PENERBANGAN yang cukup lama pasti akan menjenuhkan. Membuka media sosial ataupun sekadar membaca berita di media online mungkin bisa menjadi obatnya. Sayangnya, banyak maskapai penerbangan yang melarang para penumpang untuk menggunakan sinyal dari telepon selular.

Ziva Narendra Arifin, CEO dan Co-founder Aviatory Indonesia sempat mengatakan kepada merahputih.com pada artikel "Bolehkan Menyalakan Ponsel Saat Naik Pesawat?", jika sinyal telepon akan mengganggu gelombang frekuensi pesawat. "Handphone itu akan nyari sinyal masing-masing dan itu menjadi terlalu banyak sinyal sehingga mengganggu," katanya.

Baca juga:

Bolehkan Menyalakan Ponsel Saat Naik Pesawat?

Pesawat penumpang (Pixabay/bilaleldaou)
Pesawat penumpang (Pixabay/bilaleldaou)

Tapi kini masalah tersebut ada jalan keluarnya. Maskapai Lion Air bersiap meluncurkan layanan terbaru berupa hiburan dalam perjalanan udara dengan konsep wifi entertainment, yang akan diperkenalkan sebagai Lion Entertainment. Seperti rilis yang diterima merahputih.com, layanan ini bekerjasama dengan PT Dua Surya Dinamika (AirFi Indonesia) selaku penyedia W-IFE.

"Fasilitas hiburan dapat diakses hanya dari genggaman melalui wireless inflight entertainment (W-IFE) pada ketinggian jelajah hingga 35.000 kaki dari permukaan air laut untuk penerbangan domestik dan internasional secara cuma-cuma untuk melakukan aktivasi on board dengan mudah," ucap Rudy Lumingkewas, Direktur Utama Lion Air.

Baca juga:

Alasan di Balik Larangan Tidur saat Pesawat Lepas Landas dan Mendarat

Lion Air (Foto: MP/Rizki Fitrianto)
Lion Air (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

Nantinya Lion Entertainment akan terkoneksi dengan W-IFE AirFi Indonesia yang bisa dinikmati penumpang dari semua ponsel pintar tablet, laptop dengan operating system (OS). Kontennya juga sangat beragam seperti film Hollywood hingga Indonesia, video anak, majalah, permainan, percakapan singkat dalam kabin dan lain sebagainya.

Sebagai tahap awal, Lion Air akan emmasang perangkat wireless di lima pesawat Boeing 737-900ER. Kemudian periode selanjutnya layanan Lion Entertainment akan terpasang di seluruh armada milik Lion Air.

“Fitur Lion Entertainment menjamin privasi dan keamanan, karena jaringan W-IFE dari AirFi Indonesia tidak mengizinkan penumpang atau pihak lain mengakses data pribadi. Sistem kami adalah yang terbaru dan mutakhir dalam industri penerbangan," kata Satish Mahtani, Direktur Utama PT. Dua Surya Dinamika.

Baca juga:

Rekomendasi Wisata Akhir Tahun


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani