Lion Air Berhenti Beroperasi, Begini Kondisi Bandara Adi Soemarmo Solo Saat Ini Bandara Internasinal Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah sepi penumpang. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Maskapai Lion Air menghentikan operasional di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah. Kebijakan tersebut berlaku mulai Jumat (5/6).

Pejabat Humas PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Danar Dewi di Solo, mengungkapkan bahwa pihaknya telah menerima pemberitahuan dari manajemen Lion Grup yang akan menghentikan operasional maskapai mulai berlaku pada Jumat besok. Kebijakan tersebut langsung diumumkan pada penumpang.

Baca Juga:

Lion Air Hentikan Seluruh Penerbangan

"Penghentian operasional maskapai Lion Air Grup berlaku mulai tanggal 5 Juni. Maskapai Lion Air Grup meliputi Lion Air, Wings Air, dan Batik Air," ujar Danar, Rabu (3/6).

Menurutnya, penghentian operasional tersebut berlaku untuk kedatangan dan pemberangkatan untuk semua tujuan penerbangan. Meski demikian, pada hari Rabu masih ada penerbangan Batik Air di Bandara Adi Soemarmo.

"Sesuai jadwal kami di bandara untuk hari ini (Rabu), selain Batik Air, ada Citilink dan Nam Air yang melakukan perjalanan melalui Adi Soemarmo," kata dia.

 Pesawat Lion Air mendarat di lintasan Bandara Internasonal Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah. (MP/Ismail)
Pesawat Lion Air mendarat di lintasan Bandara Internasonal Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah. (MP/Ismail)

Ia mengatakan, selama diberlakukan protokol kesehatan COVID-19 pada pesawat, maskapai yang tergabung dalam Lion Air Group hanya membawa sedikit penumpang. Terakhir Lion Air yang landing di Adi Soemarmo membawa 25 penumpang dan berangkat dengan 17 penumpang.

"Kami juga mencat jumlah penumpang yang melakukan perjalanan melalui Bandara Adi Soemarmo masih jauh di bawah normal. Hari normal belum ada COVID-19 jumlah penumpang datang maupun berangkat sekitar 2.000 orang/hari, untuk saat ini hanya mencapai ratusan," papar dia.

Baca Juga:

Lion Air Tiba-tiba Hentikan Penerbangan, Begini Cara Full Refund Tiketnya

Ia mencontohkan, pada Selasa (2/6), jumlah penumpang datang 77 orang dan yang berangkat 18 orang. Sedangkan Rabu untuk jumlah penumpang datang sebanyak 56 orang yang berangkat sebanyak 93 orang," katanya.

"Dengan berhentinya Lion Air grup, maskapai yang melayani di Bandara Adi Soemarmo hanya tinggal dua maskapai, yakni Citilink dan Nam Air," pungkasnya. (Ism)

Baca Juga:

Dapat Izin Khusus dari Kemenhub, Lion Air Group Kembali 'Terbang'


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH