Lion Air Batalkan Penerbangan Solo-Madinah dari Bandara Internasional Adi Soemarmo Lion Air hentikan penerbangan ke Arab Saudi. Foto: MP/Rizki Fitrianto

MerahPutih.Com - Maskapai Lion Air resmi membatalkan pemberangkatan ratusan jemaah umrah dari Bandara Internasional Adi Soenarmo Solo, Jawa Tengah. Pembatalan dilakukan setelah adanya kebijakan otoritas Arab Saudi yang menyetop sementara ibadah umrah untuk mengantisipasi masuknya corona masuk Tanah Suci.

Humas PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Danar Dewi mengatakan, ada satu jadwal pemberangkatan ibadah umrah yang batal berangkat akibat adanya peyetopan sementara umrah dari pemerintah Arab Saudi. Sedianya ada jadwal penerbangan umroh dengan waktu keberangkatan pada Sabtu (29/2).

Baca Juga:

Dampak Virus Corona, Lion Air Hentikan Seluruh Penerbangan ke Arab Saudi

"Penerbangan umrah dari maskapai Lion Air sedianya berangkat besok (Sabtu). Kami resmi membatalkannya," kata Danar kepada merahputih.com, Jumat (28/2).

Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo
Pesawat Lion Air berada di runway pesawat Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah. (MP/Ismail)

Ia memaparkan dari pihak maskapai sudah memberitahu biro umrah terkait pembatalan ini. Selanjutnya biro umrah yang memberitahu para jemaah umrah. Kemudian jadwal penerbangan jemaah umroh di waktu-waktu terutama pada bulan Maret untuk sementara juga disetop.

"Penerbangan jemaah umroh selanjutnya tidak operasional sampai waktu yang belum kami tentukan," papar dia.

Jadwal penerbangan umroh dari Bandara Adi Soemarmo, lanjut dia, menyesuaikan biro umroh yang memberangkatkan jemaahnya masing-masing. Di Bandara Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah, ibadah umrah hanya dilayani oleh maskapai Lion Air.

"Ini hubungannya dengan negara lain. Kalau Arab Saudi membuat kebijakan itu, kita tidak bisa berbuat apa-apa," kata dia.

Baca Juga:

Tunggu Instruksi Kemenhub, Bandara Adi Soemarmo Masih Layani Penerbangan Solo-Madinah

Ia menambahkan untuk pemulangan jemaah umrah dari Madinah-Solo berlangsung pada Minggu (1/3) turun di Bandara Adi Soemarmo. Penerbangan itu menggunakan maskapai Lion Air JT 119 rute SOC-JED, dengan membawa penumpang sebanyak 427 orang.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Pemerintah Pahami Keputusan Arab Saudi Terkait Penghentian Sementara Ibadah Umrah



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH