Lintasan LRT Cawang-Cibubur Dilakukan 'Dynamic Test', Kereta Wara-Wiri Cek Kecepatan

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 11 November 2019
Lintasan LRT Cawang-Cibubur Dilakukan 'Dynamic Test', Kereta Wara-Wiri Cek Kecepatan
Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk Budi Harto (tiga kiri) dalam seremoni pengecoran jembatan lengkung bentang panjang (long span) Kuningan, Jakarta, Senin (11/11) (Antaranews/Ade Irma Junida)

Merahputih.com - Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk Budi Harto selaku kontraktor pembangunan LRT Jabodebek menegaskan progres pembangunan LRT Jabodebek telah mencapai 67,3 persen.

Rinciannya, lintas Cawang-Cibubur mencapai 86,2 persen, lintas Cawang-Dukuh Atas 53,8 persen, dan lintas Cawang-Bekasi Timur 60,5 persen.

Baca Juga:

Penyelesaian Pembebasan Lahan LRT Jabodebek Kembali Molor

"Di lintasan Cawang-Cibubur sudah dilakukan dynamic test, jadi kereta sudah wara wiri mencoba kecepatan," ujar Budi dalam seremoni pengecoran jembatan lengkung bentang panjang (long span) Kuningan, Jakarta, Senin (11/11).

Turut hadir dalam seremoni pengecoran terakhir jembatan lengkung bentang panjang (long span) Kuningan yang dibangun di atas persimpangan Jalan HR Rasuna Said dan Jalan Gatot Subroto itu Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Sejumlah pengendara kendaraan melintas di dekat area proyek pembangunan infrastruktur Light Rail Transit (LRT) di ruas Jalan Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Proyek ini sendiri berjalan lambat karena mengalami hambatan pembebasan lahan proyek. Namun, ia menyebut pembebasan tanah sudah hampir rampung.

"Tinggal menyisakan beberapa bidang di Bekasi Timur yang akan digunakan untuk depo," jelas dia.

LRT) Jabodebek sendiri ditargetkan akan mulai beroperasi secara menyeluruh langsung pada Juni 2021 mendatang. Saat ini uji coba tengah dilakukan di lintas Cawang-Cibubur dengan menggunakan kereta produksi PT INKA (Persero). "Diperkirakan uji coba enam atau tujuh bulan ke depan," tegas Menko Maritim dan Investasi, Luhut Panjaitan.

Baca Juga:

Anies Jelaskan Kesulitan LRT Jakarta Belum Dioperasikan Secara Komersial

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi juga memastikan operasional LRT Jabodebek akan dilakukan langsung dan serentak di semua lintasan pada pertengahan 2021 nanti.

"Iya operasional langsung pada 2021," katanya. (*)

#LRT #Adhi Karya
Bagikan
Bagikan