Lintasan Formula E di Monas Bakal Dibongkar Setelah Digelar Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho (Foto: beritajakartago.id)

MerahPutih.Com - Kawasan Monumen Nasional (Monas) hampir dipastikan digunakan sebagai rute perlintasan Formula E. Adapun pelaksanaan event mobil balap bertaraf internasional digelar 6 Juni mendatang.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan trek Monas yang dijadikan perlintasan Formula nantinya akan kembali dibongkar setelah balapan Formula E selesai.

Baca Juga:

PSI Sebut Setneg Plin Plan Soal Perizinan Formula E di Jakarta

Anggaran Formula E diperkirakan keseluruhannya mencapai Rp1,6 triliun. Namun rincian pembuatan lintasan, mencakup Rp112 miliar untuk civil works dan perbaikan jalan raya, Rp48 miliar untuk dinding dan pagar, Rp67,2 miliar untuk pembuatan jalur balap.

Ajang balapan Formula E akan digelar di Monas
Ajang balap mobil Formula E. Foto: Facebook/Anies Baswedan

"Khusus lintasan yang di tengah (kawasan Monas) yang dibongkar lapisan atasnya saja karena sifatnya tidak permanen," kata Hari saat dihubungi wartawan, Rabu (12/2).

Hari menuturkan, pihaknya akan melapisi jalan bagian dalam kawasan Monas. Lapisan itu nantinya akan dijadikan jalur mobil balap Formula E. Lintasan balap akan dibuat dua lapis. Lapisan pertama dari membaran atau geotekstile, selanjutnya diaspal dengan hotmix.

Dengan melapisi jalan, lanjut dia, bebatuan alam dari coubles stones yang selama ini menjadi pijakan di pelataran sekitar Monas akan terjaga.

"Rencananya batu alamnya kita lapis dengan membaran atau geotekstile, baru setelah itu kita layer hotmix. Setelah selesai event nanti bisa dibongkar lagi lapisannya," tutur dia.

Baca Juga:

Anies Bertemu Presiden Jokowi Bahas Lanjutan Balapan Formula E di Monas

Karena lintasan balapan tidak hanya menggunakan kawasan Monas, Jalan Medan Merdeka Selatan yang menjadi trek lurus juga akan diaspal sesuai standar Formula E.

Kriteria lintasan balap mobil bertaraf internasional itu memang lebih rendah dari pada ajang balap mobil nomor wahid, Formula 1. Tingkat kualitas aspal Formula E adalah grade 3 dan Formula 1 adalah grade 1.

"(Jalan Medan Merdeka Selatan) akan dilakukan perbaikan lagi sesuai standar lintasan balap," tutupnya.(Asp)

Baca Juga:

Surat Izin Sudah Diberikan, Pemprov DKI Lanjutkan Revitalisasi Monas

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH