Lingkaran Social Distancing, Konsep 'New Normal' ala Taman Domino New York New normal ala taman Domino dengan penerapan lingkaran social distancing (Foto: Instagram/@hlswift)

PASCA beredar foto mengagetkan yang memperlihatkan warga New York berkumpul di taman, pihak manajer taman Domino mencetuskan ide unik agar orang tetap bisa beraktivitas di taman namun dengan cara yang aman.
Inovasi baru ini disebut sebagai spot parkir manusia, demikian seperti dilansir dari laman Daily Mail UK.

Baca juga:

Pandemi Virus Corona Munculkan Kehidupan New Normal, Apa Itu?

Mengapa disebut lahan parkir manusia? Karena warga akan ditempatkan di dalam lingkaran-lingkaran yang digambar di atas rumput untuk tetap menerapkan social distancing.

Lingkaran putih ini sudah ditemukan oleh Newyorkers sejak 15 Mei di Taman Domino, Williamsburg, Brooklyn, New York City. Alih-alih bebas duduk di mana saja, warga diharuskan duduk di dalam lingkaran yang sudah digambar di rumput.

Setiap lingkarannya diberi jarak 6 feet atau sekitar 1,8 meter antara satu dengan yang lain. Oleh karena itu, lingkaran ini disebut sebagai tempat parkir manusia.

Lingkaran social distancing berdiameter 2,4 meter itu mampu menampung empat sampai lima orang. Cara ini dinilai efektif untuk membuat masyarakat yang ingin menjalankan new normal namun tetap dalam jarak yang aman.

Sejak adanya lingkaran tersebut, masyarakat jadi bisa berjemur, piknik, berolahraga, bermain bersama, dan beraktivitas di taman Domino New York.

Lingkaran Social Distancing, Konsep 'New Normal' ala Taman Domino di New York
Setiap lingkaran diberi jarak 1,8 meter (Foto: Instagram/@amanda.dombrowski)

Inisiatif tersebut muncul setelah warga New York berbondong-bondong pergi ke taman untuk menikmati udara musim semi yang sebenarnya melanggar peraturan social distancing.

Sebelum digambari dengan lingkaran, taman Domino juga jadi salah satu taman yang dipadati pengunjung dengan jarak yang tidak aman.

Hal tersebut tentu menimbulkan kekhawatiran akan adanya peningkatan kasus positif COVID-19 melihat perilaku warga kota Big Apple ini yang malah pergi ke luar. Padahal per Sabtu 16 Mei saja sudah ada 189.000 kasus positif COVID-19 di New York.

Lingkaran Social Distancing, Konsep 'New Normal' ala Taman Domino di New York
Kondisi taman Domino sebelum pemberlakuan spot parkir manusia (Foto: Insider Inc)

Apakah menurutmu ide lingkaran social distancing ini merupakan langkah yang benar dan tepat? Atau justru malah mendorong masyarakat untuk keluar rumah dan menyebarkan virus? (sam)

Baca juga:

Memaknai Pulang lewat Film Pendek 'Rumah'


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH