Lindungi Kulit dari Polusi Udara dengan 3 Jenis Skincare Anti-pollutan

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Senin, 28 Agustus 2023
Lindungi Kulit dari Polusi Udara dengan 3 Jenis Skincare Anti-pollutan
Kulit yang banyak tercemar polusi dapat jadi jerawatan dan meradang. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

POLUSI udara di ibu kota Indonesia kian memekat. Jarak pandang jadi memendek dan langit abu-abu pun memayungi seisi kota. Seharian berkelana di jalanan membuat kapas putih jadi menghitam kala dipakai untuk membersihkan wajah.

Tak hanya buruk bagi pernapasan, polusi udara juga diam-diam mengancam kesehatan kulitmu, loh. Dilansir oleh laman Healthline, polusi dapat menyebabkan gatal-gatal, jerawat, penuaan dini, dan juga peradangan pada kulit.

Peradangan ini juga menyebabkan munculnya radikal bebas dalam tubuh. Hal ini membuat skin barrier atau lapisan pertahanan kulit jadi rusak.

"Penyerapan polusi ke dalam kulit hampir sama bahayanya dengan polusi yang dihirup," ungkap dermatolog asal Texas Adam Mamelak.

Baca juga:

Percuma Pakai Skincare karena 4 Hal ini

Nah, beberapa jenis polutan yang cenderung ditemukan dalam polusi dan berbahaya bagi kulit adalah nitrogen dioksida, sulfur dioksida, dan karbon monoksida.

Oleh sebab itu, penting bagimu untuk memakai anti-pollutan skincare. Meski namanya anti-pollutan, nyatanya produk seperti ini bukanlah hal yang langkah, loh. Manfaat antipolusi ini bisa kamu temukan lewat berbagai kandungan skincare yang biasa kamu pakai atau kenal.

Sejumlah skincare memiliki manfaat antipolusi di dalamnya. (Foto: Pexels/Ekaterina Bolovtsova)

1. Antioksidan

Kandungan antioksidan di skincare bertugas untuk mengikat radikal bebas sebelum kandungan jahat itu merusak kulitmu. Zat antioksidan ini bisa kamu temukan di berbagai jenis zat skincare.

Dermatolog Kellie Reed merekomendasikan beberapa jenis kandungan skincare yang mengandung antioksidan. Antioksidan di kandungan ini dinilai efektif dalam melindungi kulit dari polusi.

Untuk itu, kamu bisa mencoba skincare dengan kandungan vitamin C, retinol atau vitamin A, vitamin E, dan niacinamide.

2. Pelembap

Pelembap atau moisturizer pada umumnya bertugas untuk memperkuat skin barrier. Dengan begitu, kulit jadi lebih sehat dan terjaga dari berbagai zat asing. Hal ini meminimalisasi polutan untuk masuk ke dalam kulit.

Ada dua jenis kandungan pelembap yang direkomendasikan. Pertama adalah ceramide yang dinilai paling efektif dalam meningkatkan fungsi skin barrier. Kedua adalah hyaluronic acid yang mampu menaikkan kelembapan kulit dan menjaga skin barrier.

Baca juga:

Skincare Korea Terbaik Menurut Pakar

Pemakaian produk skincare yang tepat dapat menjaga kulit dari paparan polusi dan sinar UV sekaligus. (Foto: Pexels/Arina Krasnikova)

3. Tabir surya

Tabir surya, seperti namanya, dikenal sebagai formula ampuh untuk menghalangi dampak buruk dari sinar UV. Namun, diam-diam sunscreen punya manfaat lain, loh, yaitu melindungi kulit dari polusi.

Sebab, menurut Mamelak ada sejumlah jenis polutan yang dapat aktif dan berdampak negatif pada kulit kala terkena sinar matahari. Oleh sebab itu, sunscreen mineral atau yang bersifat alamiah (physical) pun dianjurkan.

Physical sunscreen biasanya mengandung bahan titanium dioksida atau zink oksida. Sunscreen dengan SPF 30 atau lebih dapat dengan efektif melindungi kulit dari pancaran surya serta polutan. (mcl)

Baca juga:

Wajib Punya nih, Skincare Tren di 2023

#Kecantikan #Tips Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Marcella

K-Pop enthusiast and books enjoyer.
Bagikan