K-Pop

Lindungi Artis, SM Entertainment Luncurkan Pusat Pelaporan 'KWANGYA 119'

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 23 Juni 2023
Lindungi Artis, SM Entertainment Luncurkan Pusat Pelaporan 'KWANGYA 119'
Pusat laporan 'KWANGYA 119' menjadi cara SM Entertainment untuk melindungi artis mereka.(foto: Instagram_Weareone.exo)

AGENSI SM Entertainment siap mengambil tindakan tegas atas rumor dan hal buruk yang menyangkut artis asuhan mereka. Kini, agensi SM Entertainment telah memiliki pusat pelaporan sendiri bernama 'KWANGYA 119'. Akses ini bersifat seperti papan buletin yang memungkinkan seluruh penggemar untuk membuat laporan serta melindungi idola mereka.

Seperti dilansir Soompi, laman 'KWANGYA 119' pertama kali diluncurkan pada Rabu (21/6). Situs ini merupakan bagian dari proyek SM 3.0 yang tengah dikembangkan agensi tersebut. Melalui pernyataan tertulis, pihak SM Entertainment menyampaikan beberapa informasi terkait cara penggunaan situs 'KWANGYA 119'. Laman ini dapat digunakan penggemar dalam membuat laporan terkait pencemaran nama baik dan pelanggaran hak cipta.

BACA JUGA:

Lee Soo-man Tuntut SM Entertainment karena Jual Saham secara Ilegal

"Website 'KWANGYA 119' kini resmi beroperasi. Kamu bisa mengakses situs ini setelah log in menggunakan akun SMTOWN ID," jelas agensi tersebut.

Penggemar bisa membuat laporan dalam tiga kategori. Ada laporan terkait fitnah atau rumor, tiket ilegal dan masalah hak cipta, serta laporan koreksi dan saran. Bagian laporan koreksi dan saran adalah bagian khusus yang disediakan oleh SM Entertainment jika penggemar menemukan adanya cacat dalam produk. Hal ini meliputi album, merchandise, gambar, atau video digital.

kwangya 119

Hingga saat ini (23/6) sudah ada lebih dari 10 ribu laporan yang masuk di 'KWANGYA 119'.(foto: KWANGYA 119)

Seluruh laporan di 'KWANGYA 119' bersifat anonim dan privat. Namun, nantinya semua orang bisa melihat artis atau grup mana yang menerima laporan dan apa isi laporan tersebut. Cara itu membantu penggemar dalam membuat berbagai laporan secara cepat. Sebelumnya, penggemar harus mengirim email berbahasa Korea atau Inggris dulu ke agensi ketika hendak melaporkan sesuatu.

Penggemar nantinya bahkan juga bisa melaporkan calo tiket nan nakal loh. Saat ini, menjamurnya jumlah calo di penjualan tiket konser dianggap sebagai hal yang meresahkan oleh banyak orang. Halaman khusus laporan soal calo bernama 'Illegal Ticket Sales Report'.

BACA JUGA:

Telusur Fakta CJ ENM Bergabung dengan SM Entertainment

"Kami sedang mendiskusikan hal (soal calo) ini dengan berbagai penyelenggara acara dan situs ticketing. Kami juga berencana untuk membuka laman khusus hal itu sesegera mungkin setelah diskusinya selesai," tulis SM Entertainment.

'KWANGYA 119' terbuka secara umum pada hari kerja (Senin sampai Jumat) pada pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Penggemar hanya bisa membuat laporan di kategori yang sama setiap 10 menit sekali. Hal itu untuk mencegah terjadinya spam dalam website.

sm entertainment

Penggemar bisa melaporkan berbagai hal terkait berita palsu mengenai idola mereka.(foto: Instagram_Aespa_official)

Di akhir pengumuman, SM Entertainment menulis bahwa mereka akan merespons laporan yang masuk dalam waktu tujuh hari kerja sebab mungkin akan ada banyak laporan yang masuk dalam satu waktu.

Tim SM Entertainment juga perlu mengecek isi laporan tersebut bersama pihak-pihak yang bersangkutan sehingga bakal memakan waktu. Terkait dengan hal itu, agensi bentukan Lee Soo-man itu telah menandatangani kontrak bisnis bersama firma hukum Shin & Kim sejak Maret 2023.(mcl)

BACA JUGA:

HYBE Resmi Jadi Pemegang Saham Terbesar SM Entertainment

#K-Pop #SM Entertainment
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan