Limbah Deterjen Kotori Kali Item, ini Instruksi Anies kepada Dua Anak Buah Jokowi Busa di Kali Item, Kemayoran, Jakpus. Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Kali Sentiong atau yang dikenal dengan Kali Item sempat menjadi perbincangan masyarakat karena dikotori oleh limbah deterjen berwarna putih.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meminta Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan untuk kembali mengecek peredaran limbah deterjen yang bisa membahayakan lingkungan hidup.

"Ini sudah harus dipikirkan, saya berharap Menperin dan Mendag mereview kembali standar itu karena ini menimbulkan kerusakan di seluruh Indonesia," ujar Anies di Jakarta, Kamis (3/1).

 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota. (MP/Asropih Opih)
Caption

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengungkapkan bahwa busa yang muncul di Kali Item itu berasal dari pompa pintu air yang berasal dari Kali Sunter.

Meski demikian, Anies tak melarang warga untuk melakukan segala jenis usaha maupun kegiatan yang bergerak dengan menggunakan deterjen. Ia pun mengimbau masyarakat sudah harus menggunakan sabun deterjen yang tak terlalu berlebihan karena dapat membahayakan lingkungan hidup maupun manusia.

"Hulunya jenis sabun detergen yang keras, yang tak ramah lingkungan itu yang harus kita bereskan dan sekarang di seluruh dunia sudah melakukan. Jadi sudah saatnya kita Indonesia bergerak ke arah sana," tutupnya (Asp).



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH