Teknologi

Lima Webcam Terbaik Ini Bikin Pertemuan Daring Makin Maksimal

annehsannehs - Jumat, 03 September 2021
Lima Webcam Terbaik Ini Bikin Pertemuan Daring Makin Maksimal
Razer Kiyo. (Foto: Razer)

PANDEMI COVID-19 membuat kita akrab dengan kata-kata virtual alias jarak jauh. Demi mencegah kerumunan, baik pelajar, mahasiswa, maupun pekerja harus memanfaatkan koneksi internet untuk melakukan pertemuan.

Ketika menghadiri kelas atau rapat online, penampilan menjadi salah satu aspek yang bisa menunjukkan keseriusan dan profesionalisme. Kamu pun pasti ingin tampil lebih baik dan jelas, tentunya dengan bantuan webcam tambahan untuk menunjang kualitas gambar dan video yang akan ditampilkan pada kamar online.

Dilansir Tech Radar, berikut merupakan web cam terbaik untuk meeting dan kelas online.

Baca juga:

1. Logitech C920

Logitech C-920. (Foto Tom's Guide)
Logitech C-920. (Foto: Tom's Guide)

Logitech telah menjadi salah satu merek aksesori komputer terbaik di pasaran. Produsen hardwore dan software komputer asal Swiss ini dikenal karena kualitasnya baik, tahan lama, dan harganya yang sesuai.

Nah, webcam Logitech C920 merupakan salah satu tipe kamera web yang bagus untuk kelas atau zoom online, streaming, membuat konten, dan video call. Dengan resolusi 1080p, Logitech C920 ini memiliki fitur background removal, Low-light correction, 720p/60fps video ketika streaming, stereo audio, autofocus, dan auto light correction.

Jika tidak memiliki penerangan yang baik, Logitech C920 memiliki fitur yang bisa membuat tampilanmu lebih terang secara otomatis. Kamu juga bisa mengganti latar belakang tanpa harus menggunakan green screen. Meski begitu, kekurangan dari webcam ini adalah kamera tidak bisa digerakkan atau diputar (fixed camera) dan resolusi video belum 1080p/60fps.

Di marketplace online, Logitech C920 ini dijual sekitar Rp 1 juta.

2. Logitech StreamCam

Logitech StreamCam. (Foto PCMag)
Logitech StreamCam. (Foto: PCMag)

Jika kamu memiliki perangkat yang sudah Type-C, Logitech StreamCam bisa menjadi webcam yang praktis karena memiliki USB Type-C connectivity. Dengan resolusi 1080p, kamera ini paling cocok untuk membuat konten karena formatnya yang 9:16. Logitech StreamCam ini memiliki fitur auto-focus and exposure, begitu juga dengan fitur pindai wajah otomatis yang memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI).

Dijual dengan kisaran harga mulai Rp 3 jutaan, Logitech StreamCam ini terlalu mahal jika hanya ingin digunakan untuk meeting dan kelas online.

Baca juga:

Hati-Hati, Jangan Sembarangan Beri Akses Mikrofon dan Kamera .

3. Microsoft LifeCam HD-3000

 Microsoft LifeCam HD-3000. (Microsoft)
Microsoft LifeCam HD-3000. (Foto: Microsoft)

Jika suka video call bersama keluarga, Microsoft LifeCam HD-3000 merupakan webcam yang cocok untukmu. Webcam ini menawarkan display yang luas dan bisa diputar sampai 360 derajat. Mikrofonnya juga mampu menghantarkan audio yang sangat jelas, sehingga cocok untuk konferensi bisnis atau presentasi di kelas. Microsoft LifeCam HD-3000 dijual dengan harga sekitar Rp 600 ribu.

4. Razer Kiyo

Razer Kiyo. (Foto Razer).jpg
Razer Kiyo. (Foto: Razer)

Webcam Razer Kiyo menawarkan gambar yang berkualitas dan pencahayaan ciamik melalui light ring di sekitar kamera. Webcam yang praktis ini juga cocok digunakan untuk streaming, membuat konten, video call, atau kelas dan meeting online. Kekurangannya, webcam ini memiliki harga terlalu tinggi untuk resolusi 1080p per 30fps.

5. Logitech HD Webcam C310

Logitech HD Webcam C310. (Foto Logitech)
Logitech HD Webcam C310. (Foto: Logitech)

Jika hanya ingin webcam untuk keperluan Zoom meeting, Logitech HD Webcam C310 menjadi salah satu pilihan terbaik. Meskipun resolusinya hanya 720p, C310 hadir dengan RightLight 2, teknologi auto-light correction sehingga kamu selalu terlihat lebih terang dan jelas.

Jika kamu hendak membeli webcam, sebaiknya perhatikan apa kebutuhanmu. Biasanya, webcam hadir dengan resolusi (720p, 1080p, 4K) dan framerate tertentu karena kedua hal tersebut merupakan faktor terpenting ketika membeli produk yang berasosiasi dengan kamera.

Meski begitu, beberapa conference call software seperti Zoom atau Microsoft Teams akan membatasi kualitas video sampai 1080p dengan 30 fps untuk menghemat bandwidth. Malahan, Google Meets membatasi kualitas sampai 720p karena ini merupakan resolusi standar pada kamera laptop bawaan.

Jika hendak menggunakan webcam untuk keperluan meeting online, kamu tidak perlu memberi kamera dengan resolusi 4K, kecuali jika kamu berniat untuk menggunakannya untuk membuat konten YouTube atau untuk streaming. (shn)

Baca juga:

Canggih, Kamera Nikon Kini Bisa Jadi Webcam - MerahPutih

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan