Wisata Indonesia
Lima Tempat Rekreasi Yogyakarta yang Ramah Anak banyak destinasi wisata ramah anak yang berada di Yogyakarta. (Foto: MP/Patricia Vicka)

SUDAH punya rencana liburan akhir tahun bund? Bingung menentukan lokasi wisata yang cocok dan aman untuk anak-anak?

Yogyakarta punya banyak lokasi wisata yang ramah anak. Sebagian besar lokasi wisata ini sudah menerapkan protokol kesehatan dan sudah mengantongi sertifikat CHSE. Berikut kami sajikan lima lokasi wisata yang menawarkan pengalaman tak terlupakan untuk anak-anak.

Baca Juga:

Self Healing di Likupang, Jangan Lupa Mampir ke 5 Wisata Alam Ini

Mini Zoo Jogja Exotarium

yogya
Kegiatan memberi makan hewan di Exotarium. (Foto: MP/Patricia Vicka)

Kebun binatang kecil ini terletak di Jalan Magelang km 8, Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman. Orang tua dapat mengenalkan jenis hewan pada anak-anak. Binatang yang ada disana seperti golongan reptil yakni iguana, kadal, ular, Kura-kura. Ada juga golongan unggas seperti burung Kakaktua, Burung Nuri, Beo. Juga mamalia seperti Kelinci, kuda, domba, rusa dan kambing.

Tak hanya melihat hewan, Exotarium menawarkan pengalaman bagi si kecil untuk memberi makan atau memegang, menggendong dan berfoto bersama hewan. Tak perlu khawatir hewan menggigit, disetiap lokasi kandang ada penjaga yang siap mengarahkan si Kecil. Harga Tiket masuknya hanya Rp 20 ribu untuk dewasa dan anak-anak diatas usia tiga tahun. Jam buka lokasi Setiap hari pukul 09.00 hingga 16.30 WIB.

Ledok Sambi

yogya
Bermain air di Ledok Sambi. (Foto: MP/Patricia Vicka)

Bila kamu ingin mancari suasana piknik di pinggir sungai asri bisa coba datang ke Ledok Sambi. Terletak di Lereng Merapi atau tepatnya di Jalan Kaliurang km 19,2, Pakembinangun, Sleman DIY, Ledok Sambi menyajikan pengalaman piknik sambil bermain air di sungai.

Tak ada yang dikhawatirkan, sungai disini dangkal dengan arus air bersahabat. Anak-anak bisa mencoba mandi atau menyisiri sungai dengan ban karet. Ledok Sambi buka pukul 09.00 wib hingga 16.30 WIB. Harga tiket masuknya suka rela. Harga makanan dan minuman sangat terjangkau mulai dari Rp 8 ribu. Minuman mulai dari Rp 3 ribu.

Tempat wisata ini juga menawarkan pengalaman berkemah. Harga paket berkemah mulai dari Rp 150 ribu yang sudah mendapatkan tenda. Serta outbond yang seru seperti bermain kano, flying fox, memanah, dan terapi ikan. Wahana permainan dikenai biaya mulai dari Rp 5 ribu.

Watoe Gajah

yogya
Watoe Gajah yang ramah untuk anak-anak. (Foto: MP/Patricia Vicka)

Watoe Gajah adalah tempat makan khas Yogyakarta di ruang terbuka yang memiliki pemandangan hamparan sawah. Ditengah-tengah resto terdapat sungai kecil dangkal yang ramah untuk anak-anak. Si kecil bisa mencoba bermain air di tengah sungai tanpa kekhawatiran.

Tak ada biaya tiket masuk. pengunjung hanya perlu membeli makanan atau minuman di tempat ini. Menu makanannya bervariasi seperti sate, bakmi dan nasi goreng Jawa. Cemilan tak ketinggalan seperti pisang goreng, tahu, tempe dan kentang goreng.

Harga makanan dibandrol mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 35 ribu. Sementara minuman mulai dari Rp 3.500 hingga Rp 30 ribu. Watoe Gadjah berlokasi di Jalan Plumbon Raya, Kabupaten Sleman. Jam buka mulai pukul 10.00 hingga 18.00 WIB.

Baca Juga:

Tren Berwisata Selama Pandemi Berubah

Bhumi Agro Merapi

yogya
Banyak spot foto yang menjadikan selfie lebih seru. (Foto: MP/Patricia Vicka)

Bhumi Agro Merapi terletak di Jalan Kaliurang km 20, Pakem Sleman. Tempat ini menggabungkan wisata kebun binatang mini dan wisata selfie yang instagramable.

Kamu bisa mengajak anak naik kuda atau memberi makan rusa dan kambing disini. Setelah itu parent bisa mengajak anak-anak berfoto di spot-spot unik. Spot fotonya tak main-main. Pengelola menyulap lokasi dengan sejumlah tema mulai dari tema ala Italia, Santorini Yunani, hingga Inggris .

Puas bermain dan berfoto, parent bisa mencicipi makanan khas Yogyakarta di restoran dalam lokasi Bhumi Merapi. Harga Tiket masuknya dibandrol Rp 30 ribu untuk dewasa dan anak-anak diatas usia dua tahun. Jam operational dari pukul 08.30 sampai 17.00 WIB.

The World Land Mark Merapi Park

yogya
Destinasi wisata yang memiliki hiburan yang menyenangkan. (Foto: merapipark.com)

Tak perlu repot keliling dunia untuk bisa berfoto dengan latar belakang menara Eifel di Prancis atau Tembok Besar Cina. Kamu hanya perlu datang ke Merapi Park di Jalan Kaliurang km 22, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman Tempat ini menawarkan wisata edukasi untuk memperkenalkan icon wisata terkenal didunia.

Ada belasan ikon wisata terkenal seperti Pagoda, Menara Pizza, London big Ban Clock dan Kincir Angin Belanda. Tempat ini juga menyediakan wahana bermain air untuk anak-anak berenang.

Bagi anak yang takut air, bisa mencoba naik kuda keliling pertanian buatan. Harga tiket masuknya cukup membayar Rp 20 ribu untuk dewasa dan anak-anak diatas dua tahun. Jam operasional weekday pukul 09.00 hingga 17.00 dan weekend 08.30 sampai 17.00

Seluruh lokasi wisata diatas ditempuh sekitar 30 menit dari kawasan Malioboro. Kamu bisa naik Trans Jogja atau taksi online untuk menuju lokasi. Sebelum pergi pastikan kamu melihat prakiraan cuaca dan membawa payung atau jas hujan. (Patricia Vicka/Yogyakarta)

Baca Juga:

Siap-Siap, Indonesia Bakal Punya Jembatan Gantung Kaca

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Lima Destinasi Wisata di Gunung Kidul Berlakukan Pembayaran E-Ticketing
Travel
Lima Destinasi Wisata di Gunung Kidul Berlakukan Pembayaran E-Ticketing

Penerapan ini akan dimulai pada liburan Idul Fitri 2021.

3 Resep Bubur Manis Nikmat untuk Berbuka
Kuliner
3 Resep Bubur Manis Nikmat untuk Berbuka

Dari yang berbahan beras, kaacang-kacangan, hingga ubi.

Siropen Telasih Surabaya, Limun Tiga Generasi Terkenal hingga 'Negeri Kincir Angin'
Kuliner
Siropen Telasih Surabaya, Limun Tiga Generasi Terkenal hingga 'Negeri Kincir Angin'

Limun buatan Surabaya sejak 1923 ini tersohor di luar negeri.

Pedagang Keliling Ungkap Keberadaannya Lewat 'Jingle'
Kuliner
Pedagang Keliling Ungkap Keberadaannya Lewat 'Jingle'

Pedagang keliling memiliki 'jingle' untuk memikat hati pembeli.

Apa Saja Perbedaan Gundala Versi Klasik Versus Film Joko Anwar?
Indonesiaku
Menjawab Ulang Tahun PDIP Lebih Tua dari Umurnya
Tradisi
Menjawab Ulang Tahun PDIP Lebih Tua dari Umurnya

PDIP baru lahir Februari 1999, tetapi usia ulang tahunnya lebih tua

Mencoba Keseruan Gim Gundala
Indonesiaku
Mencoba Keseruan Gim Gundala

Game jadi salah satu medium untuk memperkenalkan Gundala.

5 Makanan Ringan Lezat dari Budaya Asia Tenggara
Kuliner
5 Makanan Ringan Lezat dari Budaya Asia Tenggara

Makanan ringan yang dapat mengeyangkan.

Wisata Pantai di Banten Sepi Pengunjung di Malam Tahun Baru
Travel
Wisata Pantai di Banten Sepi Pengunjung di Malam Tahun Baru

Sejumlah pemilik tempat wisata di kawasan Anyer hingga Pantai cerita dan selatan Lebak, mengeluhkan ...

Pedes euy! Kuliner Pedas Khas Bandung
Kuliner
Pedes euy! Kuliner Pedas Khas Bandung

Kalau enggak pedas memang kurang nikmat.