Lima Tanda Kamu Menjadi Racun Dalam Hubungan Asmaramu Sendiri Hubungan toksin bisa jadi kamu penyebabnya (Sumber: Bonobology)

APAKAH kamu merasa bahwa hubungan yang kamu lalui selalu beracun? Tak peduli seindah apapun itu dimulai, selalu berakhir buruk dan mengenaskan? Ada berbagai faktor yang memicu kamu berada dalam hubungan buruk. Pertama, bisa jadi kamu selalu memilih pasangan yang salah. Hal tersebut bisa diatasi dengan cara lebih cermat memilih pasangan. Namun, bagaimana jika ternyata racun itu justru berasal darimu?

Seringkali kita tak menyadari jika kita memanipulasi atau mengontrol perasaan pasangan. Sikap manipulatif dan kontrol berlebihan tersebut tentu membuat pasangan merasa tak nyaman dan akhirnya hubungan pun hancur. Berikut tanda mengetahui bahwa kamu menjadi racun bagi hubungan asmaramu sendiri:

1. Sikapmu Tukang Atur

Bossy
Tukang Atur (Sumber: Everyday Know)

Sikap bossy dan suka memerintah bisa muncul karena adanya kekuatan dan kekuasaan atas pihak lain. Sadar atau tidak sadar ternyata sikapmu tersebut sering kamu terapkan pada pasangan. Perlu diketahui bahwa hubungan asmara adalah hubungan timbal balik dan setara. Kamu tidak bisa merasa superior sendiri. Jika kamu masih mempertahankan egomu dan suka atur, siap-siap pasanganmu akan mengambil langkah seribu.

2. Ingin Berbagai Hal Sesuai dengan Kehendakmu

Toksik asmara
Sikap seenaknya (Sumber: Lifealth)

Sikap tukang atur ternyata juga membuatmu ingin segala sesuatu sesuai dengan kehendakmu. Mulai dari tempat kencan hingga masa depan, kamu ingin semuanya sesuai kemauanmu. Pasangan seolah tidak berhak mengeluarkan suaranya. Tidak adanya ruang bagi pasangan untuk menyuarakan pendapatnya akan membuat pasangan merasa tertekan. Lambat laun, hubungan asmaramu pun berada di ambang kehancuran.

3. Menjadikan Air Mata Sebagai Senjata

Perempuan nangis
Suka nangis (Sumber: The List)

Jika keinginanmu tak dipenuhi atau kamu kalah dalam berargumentasi, kamu selalu menjadikan air mata sebagai senjata. Kamu berpikir bahwa pasangan akan luluh dengan air mata yang menetes dari matamu. Di awal hubungan, pasangan pasti akan merasa bersalah melihat kamu menangis dan mengikuti keinginanmu. Namun apabila hal tersebut selalu kamu lakukan, mereka akan muak dan berpikir bahwa air matamu hanyalah air mata palsu.

4. Pasanganmu Selalu Merasa Terancam

argue
Kamu selalu menunjukan emosi yang tidak jelas. (Foto: pixabay/ryanmcguire)

Apakah kamu termasuk orang yang ekspresif dan selalu menunjukkan emosimu dengan terbuka? Tak ada salahnya menjadi sosok yang ekspresif, hanya saja kamu harus bisa mengontrol emosimu dengan baik. "Emosi yang naik turun dan tak terprediksi merupakan mimpi buruk bagi pasanganmu," ujar pakar hubungan asmara, Susan Winter. (avia)

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH