Lima Rute Alternatif Jakarta - Bandung Saat Terjadi One Way Tol Kalikangkung

Mula AkmalMula Akmal - Rabu, 04 Mei 2022
Lima Rute Alternatif Jakarta - Bandung Saat Terjadi One Way Tol Kalikangkung
Sejumlah kendaraan memadati ruas jalan tol Jakarta-Cikampek kilometer 47 dan Jalan Layang Mohammed Bin Zayed (MBZ) di Karawang, Jawa Barat, Jumat (29/4/2022). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nz.

MerahPutih.com - Polri berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mempersiapkan rute alternatif dari arah Jakarta ke Bandung pada arus balik mudik Lebaran 2022.

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo menjelaskan, langkah utama mensosialisasikan rute alternatif menuju Bandung dari Jakarta saat penerapan one way dari KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung ke Gerbang Tol Cikampek Utama.

Baca Juga:

Hari ini, One Way di Tol Cikampek Sampai GT Kalikakung Dihentikan

Berikut rute-rute alternatif Jakarta arah Bandung:

1. Jagorawi – Puncak – Cisarua – Cipanas – Cianjur – Sukaluyu – Cipatat – Padalarang – Bandung.

2. Jagorawi – Cibubur – Cileungsi – Jonggol – Cianjur – Padalarang – Bandung.

3. Kalimalang – Kedung Waringin – Karawang – Purwakarta – Wanayasa – Lembang – Bandung.

4. Kalimalang – Kedung Waringin – Karawang – Purwakarta – Sukatani – Darangdan – Cikalong – Padalarang – Bandung.

5. Jagorawi – Sukabumi – Cianjur – Padalarang – Bandung.

“Mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan rute alternatif dan tidak menunggu selesainya one way di entry gerbang tol, sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan,” imbau Dedi, Rabu (4/5).

Lalu, Polri dengan stakeholders terkait juga melakukan implementasi manajemen tempat istirahat atau rest area. Yakni Rest Area Management System (RAMS) untuk menginfokan kapasitas parkir kepada pengendaran sebelum masuk rest area.

"Diharapkan dapat memanfaatkan rest area yang berada di kota terdekat dengan keluar terlebih dahulu di gerbang tol terdekat,” ucap Dedi.

Baca Juga:

211 Ribu Pemudik Bakal Melintasi Tol Cikampek, Waktu One Way Diperpanjang

Dedi menjelaskan langkah antisipatif lainnya ialah soal jaminan ketersediaan bahan bakar minyak, bengkel dan fasilitas-fasilitas lainnya. Khususnya untuk membantu masyarakat ketika mengalami kendala dengan kendaraannya.

“Memastikan ketersediaan BBM, BBM modular atau pertashop, BBM Motorist, bengkel motorist, layanan top up, posko layanan, pasokan listrik,” imbuh mantan Kapolda Kalimantan Tengah ini.

Dedi menyampaikan langkah pencegahan kemacetan saat arus balik ialah dengan meminimalisir hambatan di rute alternatif.

"Sehingga kapasitas jalan bisa digunakan optimal oleh volume kendaraan yang dialihkan ke ruas-ruas jalan alternatif," tutup Dedi. (Knu)

Baca Juga:

Polisi Geser Pintu Masuk One Way di Tol Cikampek

Bagikan
Bagikan