Lima Patung Terbesar di Dunia, Nomor Tiga Ada di Indonesia Spring Temple Buddha. (Foto: Instagram @bucketlistbluesandcruises)

BERDASARKAN pengertiannya, patung adalah sebuah karya manusia berbentuk tiga dimensi yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni. Di beberapa negara patung dibangun untuk mengenang seseorang tokoh atau berbagai peristiwa penting.

Dari sekian banyaknya patung yang dibuat, beberapa diantaranya dinobatkan sebagai patung tertinggi di dunia. Hal yang cukup membanggakan, salah satu diantaranya da di Indonesia. Penasaran patung apa saja dan dari negara mana saja? Berikut ulasannya.

1. Spring Temple Buddha dari Tiongkok

Sring Temple Buddha (Instagram/seangauthier)
Sring Temple Buddha (Foto: Instagram @seangauthier)

Berada di daerah Lushan, Provinsi Henan, Tiongkok, patung ini cukup mencolok dibandingkan bangunan yang ada di sekitarnya. Spring temple Buddha memiliki tinggi total mencapai 153 meter dengan tinggi patung 128 meter.

Setiap tahunnya jutaan wisatawan dari berbagai negara datang ke Lushan untuk melihat Spring Temple Buddha. Dengan ukuran tersebut, patung yang dibangun tahun 2002 ini telah dinobatkan sebagai patung tertinggi di dunia.

2. Laykyun Setkyar dari Myanmar

Laykyun Setkyar (Instagram/dani__friend)
Laykyun Setkyar (Foto: Instagram @dani__friend)

Seperti Spring Temple Buddha di Tiongkok, Laykyun Setkyar juga membuat patung dengan tema Buddha. Patung ini memiliki tinggi total 130 meter dengan tinggi patung 116 meter.

Patung yang berada di Monywa Myanmar ini masih satu area dengan Reclining Buddha yakni patung Buddha tidur. Karena ukurannya, banyak wisatawan yang datang ke kawasan Laykyun Setkyar.

3. Garuda Wisnu Kencana dari Indonesia

Mahkota patung GWK telah terpasang, Minggu (20/5). (foto: Instagram @gwkbali)
Mahkota patung GWK telah terpasang. (foto: Instagram @gwkbali)

Patung terbesar ketiga di dunia ini berasal dari Indonesia tepatnya di Desa Ungaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Patung ini diberi nama Garuda Wisnu Kencana.

GWK singgatan dari Garuda Wisnu Kencana memiliki tinggi mencapai 121 meter. Patung ini bahkah lebih tinggi dari Patung Liberty yang hanya setinggi 96 meter di Amerika Serikat. Saat ini patung GWK sedang dalam pengerjaan dan ditargetkan rampung bulan September 2018.

4. Ushiku Daibutsu dari Jepang

Ushiku Daibutsu (Instagram/matsuciyo_old)
Ushiku Daibutsu (Instagram @matsuciyo_old)

Patung tertinggi keempat berasal dari Jepang dengan nama Ushiku Daibutsu. Sama seperti Laykyun Setkyar dan Spring Temple Buddha patung dengan tinggi total 120 meter ini bertema Buddha.

Patung ini didirikan pada tahun 1993. Di sekeliling patung terdapat taman dengan hamparan bunga yang begitu cantik. Tentunya hal tersebut membuat wisatawan tertarik untuk datang ke kawasan Ushiku Daibutsu.

5. Patung Liberty dari Amerika Serikat

Patung Literty (Instagram/throughthevishfinder)
Patung Literty (Foto: Instagram @throughthevishfinder)

Dari semua patung sebelumnya, mungkin Patung Liberty yang paling terkenal. Hal tersebut tak heran karena patung ini beberapa kali muncul di film-film Hollywood. Patung Liberty memiliki tinggi total 93 meter.

Patung ini cukup tua karena dibangun pada awal abad ke-19. Patung Liberty merupakan simbol selamat datang untuk pengunjung Amerika atau warga Amerika yang kembali ke negaranya.

Sahabat MerahPutih, itulah lima patung tertinggi di dunia. Cukup membanggakan bukan karena salah satunya berada di Indonesia? (yani)

Selain artikel ini kamu juga bisa baca 28 Tahun Mewujudkan Mahakarya Garuda Wisnu Kencana

Kredit : yani


Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH