Lima Orang Meninggal Dunia Akibat Tanah Longsor di Pamekasan Madura

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 24 Februari 2021
Lima Orang Meninggal Dunia Akibat Tanah Longsor di Pamekasan Madura
Petugas bersama warga saat menggali longsoran tanah di Pondok Pesantren An-Nidhomiyah, di Dusun Jepun, Desa Bindang, Kecamatan Pasean, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Rabu (24/2/2021). (ANTARA/HO-Polse

MerahPutih.com - Lima warga dikabarkan meninggal dunia akibat tanah longsor di Kampung Jepun, Desa Bindang, Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Peristiwa yang terjadi Rabu (24/2) pukul 02.00 dini hari dipicu oleh hujan intensitas tinggi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan melaporan tanah longsor tidak hanya mengakibatkan korban meninggal dunia. Satu warga lain mengalami luka berat berupa patah tulang.

Baca Juga:

Tanah Longsor Nganjuk, 23 Warga Belum Ditemukan

"Tanah longsor menimbun dua kamar yang dihuni santriwati. Sedangkan 1 warga lainnya berhasil selamat dari peristiwa ini," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati Rabu (24/2).

Ilustrasi: Petugas mencari korban tanah longsor di Dusun Selopuro, Desa/Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, yang dilaporkan hilang, Senin (16/2). ANTARA Jatim/ Ach

BPBD mencatat 50 warga Kampung Jepun terdampak. Sedangkan satu pondok pesantren mengalami kerusakan terkena material longsor.

BPBD setempat bersama dengan instansi terkait melakukan evakuasi dan penyelamatan di lokasi kejadian. Di samping itu, BPBD juga melakukan pendataan kerugian pascalongsor.

Baca Juga:

Temuan Korban Meninggal Longsor Nganjuk Bertambah

Wilayah Pasean berada pada potensi bahaya tanah longsor dengan kategori sedang hingga tinggi. Berdasarkan analisis InaRISK, kecamatan ini menjadi bagian dari 8 kecamatan yang teridentifikasi berpotensi longsor dengan kategori tersebut.

Sementara itu, berdasarkan prakiraan cuaca hujan di Pasean, hujan berpotensi turun dengan intensitas ringan hingga sedang. Pada esok hari (25/2), wilayah ini diprakirakan mengalami hujan ringan hingga hujan petir. (Asp)

#Longsor #Tanah Longsor #Madura #Provinsi Madura
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan