5 Misteri Pantai Pelabuhanratu, Tempat Nining Menghilang Selama 1,5 Tahun pelabuhanratu di kawasan pantai selatan yang menyimpan misteri. (Foto: Instagram@rikoreinaldo)

SELAIN memiliki panorama indah Pantai Pelabuhanratu, Sukabumi menyimpan segudang cerita mistis. Seperti yang dialami oleh seorang wanita bernama Nining Sunarsih (53). Ia ditemukan oleh pihak keluarga setelah hilang selama 18 bulan di laut pelabuhanratu.

Hal ini memang terdengar aneh, pasalnya, secara logika seseorang yang hanyut selama berbulan-bulan di laut tanpa makan dan minum bisa hidup. Bukan hanya itu riwayat penyakit yang diidap Nining dinyatakan sembuh oleh dokter.

Nah, kali ini merahputih.com akan merangkum beberapa misteri yang ada di Pantai Pelabuhanratu. Apa saja itu?

Tempat Tinggal Nyi Roro Kidul

Instagram/allif_fingerstyle
(Foto: Instagram@allif_fingerstyle)

Banyak yang percaya kalau pantai selatan, termasuk Pantai Pelabuhanratu dikuasai oleh Nyi Roro Kidul. Pantai Karang Hawu yang merupakan bagian dari Teluk Pelabuhanratu dipercaya sebagai singgasana gaib sang ratu.

Biasanya pada bulan April masyarakat setempat mengadakan ritual Hari Nelayan guna mengucapkan rasa syukur atas tanggapan yang melimpah. Ritual ini ditandai dengan menghanyutkan kepala kerbau ke laut.

Pintu Masuk Alam Lain

Instagram/dyanadyana
(Foto: Instagram@dyanadyana)

Kerajaan Nyi Roro Kidul begitu luas. Nah sejak dulu Pantai Pelabuhanratu sebagai pintu masuk ke kerajaannya. Banyak orang yang penasaran untuk memasukinya, namun menurut kepercayaan warga setempat hanya orang-orang terpilih yang bisa masuk.

Selain Pelabuhanratu terdapat beberapa pintu masuk lainnya yakni Hotel Inna Samudera, Pantai Parangtritis dan Vihara Kalyana Mitta. Pintu masuk ini tersebar di beberapa daerah muali dari Sukabumi, Solo, Wonogiri, Yogyakarta bahkan Jakarta.

Baca Juga: Kapal KM Sinar Bangun Tenggelam, Berikut Sejarah dan Fakta Unik Danau Toba

Baju Hijau

Instagram/septiyan181
Foto: Instagram@septiyan181

Salah satu larangan yang tidak boleh dilanggar di pantai selatan Jawa, termasuk Pantai Pelabuhanratu adalah tidak boleh menggunakan pakaian dengan warna hijau. Jika melanggar, maka orang yang memakai pakaian hijau itu akan tertimpa bencana.

Menurut kepercayaan, masyarakat Jawa, hijau adalah warna kesukaan Nyi Roro Kidul. Sehingga sebagai tamu wajib menghormatinya dengan tidak menggunakan pakaian dengan warna itu.

Korban Hilang

Instagram/dezychezy
(Foto: Instagram@dezychezy)

Salah satu yang cukup mengerikan adalah banyak yang menjadi korban hilang saat berkunjung ke Pantai Pelabuhanratu. Korbannya tak mengenal usia, jenis kelamin atau warna pakaian yang mereka kenakan. Rata-rata korban meninggal dunia saat ditemukan.

Dipercaya kalau korban tersebut adalah tumbal bagi Nyi Rro Kidul. Diduga kalau sebelum hilang mereka melakukan sesuatu yang tidak disukai oleh Nyi Roro Kidul. Korban tersebut juga diyakini sedang melamun.

Kamar Hotel Pribadi

Instagram/geociletuh
(Foto: Instagram@geociletuh)

Salah satu yang menjadi mesteri adaah kamar 308 yang ada di hotel Inna Samudera. Kamar tersebut memiliki interior hijau yang merupakan warna kesukaan Ratu Pantai Selatan. Pengunjung bisa datang melihat kamar tersebut.

Di dalam kamar itu juga terdapat lukisan Nyi Roro Kidul. Lukisan tersebut dibuat oleh maestro Basuki Abdullah. Hal yang cukup menjadi perbincangan adalah kematian Basuki Abdullah tak lama setelah ia menyelesaikan lukisan itu.

Nah itulah beberapa misteri yang ada di Pantai Pelabuhanratu. Meski demikian ada penjelasan ilmiah terkait misteri di Pantai Pelabuhanratu, terutama tentang banyaknya korban yang hilang.Berdasarkan penjelasan ilmiah, kombinasi gulungan obmak dan seretan air laut lah yang membuat korban berjatuhan. Apalagi karakter pantai Selatan adalah memiliki ombak yang cukup tinggi. (yani)

Selain artikle ini kamu juga bisa baca Manuver Panser Polisi Istimewa Bikin Pihak Sekutu Kerepotan, Berendam Air Panas di Kintamani, Rileks dan Instagramable

Kredit : yani


Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH