Lima Kuliner Khas Melayu Kalbar, Menu Wajib buat Para Food Traveller Kalimantan Barat punya kuliner khas dari dua suku besar. (foto: Instagram @liansdjo)

KALIMANTAN Barat memiliki banyak kulier tradisional. Bagi pencinta sajian khas Nusantara, 'Negeri Seribu Sungai' ini wajib kamu kunjungi. Kamu akan disuguhi beragam sajian dari beragam suku yang tinggal di sana.

Kalbar didiami dua suku besar, yaitu Melayu dan Dayak. Masyarakat Melayu mayoritas berdiam di kawasan pesisir, sedangan etnis Dayak di daerah pedalaman. Ada juga suku-suku minoritas terbesar, ada Tionghoa, Jawa, Sunda, Bugis, Madura, dan Banjar.

Misalnya ketika kamu melanong ke Ibu Kota Pontianak, tak lengkap berkunjung ke sana tanpa terlebih dahulu berwisata kuliner. Banyaknya sajian khas bakal membuat kamu semakin betah. Berikut merahputih.com sajikan lima kuliner khas dari Kalimantan Barat yang wajib dicoba.


1. Ale-ale

  Ale-ale khas Ketapang. (Foto: instagram@ceriteketapang)
Ale-ale khas Ketapang. (Foto: instagram@ceriteketapang)

Ale-ale tapatnya berasal dari Kabupaten Ketapang. Kerang ale-ale merupakan endemik Ketapang. Ale-ale sejenis kerang bercangkang keras dan licin. Bentuknya kecil seperti remis. Isinya berwarna putih bening. Ale-ale biasa ditangkap oleh penduduk di sekitar pesisir pantai Kabupaten Ketapang.

Penyajian ale-ale biasanya dipadu dengan nasi hangat. Ditambahkan juga saus kecap. Ale-ale memiliki rasa sangat khas. Kamu bisa menemukan sajian ale-ale di rumah-rumah makan khas Melayu pesisir di Ketapang.

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH