Lima Kebiasan ini Bikin Penuaan Dini pada Kulit Kebiasaan buruk bisa menimbulkan penuaan dini pada kulit. (foto: pixabay/analogicus)

KULIT mulus, kencang, dan kenyal pastilah impian banyak orang. Berbagai cara akan dilakukan untuk mencapainya.

Ketika kamu mempunyai kulit keriput, kusam, atau kering mungkin bisa menjadi masalah utama yang perlu kamu perbaiki secepatnya. Jika dibiarkan, hal itu dapat merusak penampilan. Melansir News18, tak perlu biaya mahal agar kulit tetap sehat. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, banyak manfaat baik yang dapat kamu terima. Itu juga berarti kesehatan kulit sekaligus seluruh tubuh. Hindari lima hal berikut agar penuaan dini tak muncul di kulitmu.

BACA JUGA:

Beragam Tren Gaya Rambut Model Ponytail di 2020

1. Merokok

smoking
Merokok merusak kulit. (foto: pixabay/fre-photos)

Faktanya, pada sebuah penelitian, menghirup asap rokok sama dengan memaparkan lebih dari 4.000 bahan kimia ke tubuh ditambah radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Bahan kimia yang masuk dapat merusak kolagen, kelenturan pada kulit, mata dan rambut. Selain itu, merokok juga dapat meningkatkan resiko terkena kanker paru-paru.


2. Stres

stres
Stres menyebabkan masalah pada tubuh. (foto: pixabay/counselling)

Stres menyebabkan berbagai masalah pada tubuh, misalnya insomnia, depresi, kelelahan dan Alzheimer. Akan tetapi tidak banyak orang mengetahui bahwa stress dapat memberikan efek buruk pada kulit.

Penelitian yang dilakukan Unilever Research and Development Center. Stres kerja membuat wajah 2,5 tahun lebih tua, stres juga dapat melemahkan kolagen kulit hingga 70% yang membuat kulit mati rasa dan terkelupas.

Maka dari itu, untuk meredakan stres kamu boleh coba meditasi, yoga atau hal yang membuat kamu melepas stres.

3. Terkena sinar matahari

sun
Sinar ultraviolet merusak elastisitas kulit. (foto: pixabay/free-photos)


Terkena sinar ultraviolet terus-menerus bisa merusak serat elastis kulit. Serat elastis kulit berfungsi sebagai pengencang kulit agar kulit terasa kencang dan padat. Jika serat elastis rusak, maka kulit akan menjadi keriput dan kusam.

Selain itu, terpapar sinar matahari dapat menimbulkan bintik hitam pada kulit terutama pada kulit yang terpapar sinar matahari.

Maka dari itu, ketika hendak keluar rumah gunakan tabir surya agar kulit tetap terjaga dari sinar matahari.


4. Kurang berolahraga

olahraga
Olahraga baik untuk kulit. (foto: pixabay/stevepb)


Berolahraga secara rutin dapat melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh yang berarti dapat mencerahkan kulit.

Studi membuktikan bahwa orang yang rutin berolahraga dapat menunda penuaan pada kulit. Olahraga membuat kulit menjadi lebih sehat dan lebih berenergi. Dokter menyarankan cobalah berolahraga selama 30 menit setiap hari untuk membuat tubuh tetap sehat dan fit.

5. Alkohol

alkohol
Alkohol memicu kerutan. (foto: pixabay/alexas-fotos)


Meminum alkohol bukan hanya meningkatkan kadar trigliserida pada tubuh. Hal itu juga dapat memicu kerutan dan kering pada kulit di usia muda.

Jika kamu terus-menerus mengomsumsi alkohol, efek tersebut akan menjadi lebih buruk. Selain itu, konsumsi alkohol dapat menurunkan kadar vitamin A. Vitamin A berfungsi mengencangkan kulit dan meremajakan kulit.(ray)


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH