K-Pop
Lima Idola K-Pop Menyintas Penyakit Serius Semasa Kecil Lima idola K-pop yang pernah sakit parah ketika masih kecil. (Foto Soompi)

(5) Ketika bayi, Yena pernah mengidap kanker kelenjar getah bening. (Foto Soompi)DI balik penampilan mereka yang enerjik, kita tidak pernah mengetahui cerita apa yang mengintai di balik kehidupan seorang idola. Selama ini, semua artis K-Pop selalu menunjukkan sikap yang bersemangat, penuh keceriaan, serta kegembiraan. Jadi kamu pasti tidak pernah meyangka kalau beberapa di antaranya ternyata pernah mengalami sakit serius di masa kecil.

Untungnya, sejumlah idola ini berhasil melewatinya dan tumbuh sehat sehingga bisa berdiri di atas panggung untuk menghibur semua penggemar. Mulai dari Hyolyn sampai Zico, berikut lima idola asal Korea Selatan yang punya sakit berat ketika masih muda.

BACA JUGA:

Jadi Musisi Asia Pertama, BTS Tampil di Cover Rolling Stone

1. Hyolyn

hyolyn
Tato salib di perut bagian atas ternyata untuk menutupi bekas luka operasinya. (Foto Channel Korea)

Penggemar pasti mengetahui Hyolyn memiliki tato di bagian perut atas. Sebenarnya simbol salib ini bukan hanya menunjukkan tanda imannya, melainkan juga untuk menutupi bekas luka operasi ketika masih kecil. Mengutip laman Koreaboo, Hyolyn lahir prematur dan ketika lahir ia menderita atresia bilier serius. Kondisi itu terjadi pada saluran empedu tersebut sehingga menyebabkan penyakit kuning, malanutrisi, dan akhirnya komplikasi seperti gagal hati.

Untuk mengatasinya, perempuan bernama asli Kim Hyo-jung itu akhirnya harus menjalani operasi perut beberapa kali. Syukurlah Hyolyn sembuh total, namun ia merasa tidak pede dengan bekas lukanya sehingga akhirnya ia memutuskan menutupinya dengan tato.

2. Zico

Zico
Zico pernah menjalani dua kali operasi jantung karena adanya komplikasi. (Foto Naver x Dispatch)

Jauh sebelum lagu Any Song miliknya diputar di mana-mana, Zico kecil ternyata pernah mengalami penyakit serius. Hal itu diketahui saat ia diberitakan akan mendaftar sebagai petugas layanan publik alih-alih tentara aktif. Setelah pengumuman tersebut keluar, baru diektahui bahwa personel Block B itu ternyata pernah menjalani dua operasi jantung.

Dalam sebuah artikel, ibunya mengungkapkan bahwa Zico dilahirkan dengan jantung lemah, asma, dan bronkiolitis. Sepanjang masa kecilnya, musisi berusia 28 tahun itu harus melewati operasi jantung, hernia, dan masalah pernapasan. Bahkan sang ibu mengaku menghabiskan sebagian besar waktunya di ruang gawat darurat rumah sakit.

3.Yeji (ITZY)

Yeji
Yeji pernah mengalami infeksi paru-paru dan tulang yang langka ketika masih kecil. (Foto V Live)

Pada 2020 lalu, Yeji mengungkapkan sebuah kisah menyayat hati. Saat dia masih berusia delapan tahun, leader ITZY itu pernah terpapar flu yang sangat buruk. Meski sudah diobati, kondisinya tidak kunjung membaik sehingga membuatnya harus diopname. Setelah dibawa ke rumah sakit spesialis, dokter mendiagnosis Yeji dengan atopi, sebuah kondisi yang menyebabkan hipersensitivitas terhadap alergen.

Selain itu, Yeji juga mengidap pneumonia dan osteomielitis. Pneumonia adalah kondisi ketika paru-paru terisi dengan cairan, sementara osteomielitis adalah infeksi tulang yang langka.

Sebenarnya, Yeji harus menjalani pembedahan, namun dokter khawatir ini malah membahayakan dirinya karena umurnya yang masih belia. Namun untungnya, rumah sakit menemukan obat yang tepat. Setelah menjalani perawatan selama setahun lamanya, Yeji berhasil pulih dan sehat sampai saat ini.

4. Eunha (GFRIEND)

eunha
Selama enam tahun Eunha harus bolak-balik rumah sakit untuk menjalani perawatan. (Foto Source Music)

Sebelum menjadi anggota GFRIEND, Eunha memulai kariernya sebagai aktris cilik pada usia 10 tahun. Akan tetapi, tiga tahun sebelumnya ia pernah didiagnosis dengan kondisi langka yang disebut sebagai Langerhans cell histiocytosis (LCH). Penbyakit ini terjadi ketika terlalu banyak sel darah putih menumpuk dalam tubuh. Gejalanya beragam, termasuk pembengkakan tulang, masalah kulit, dan kekurangan hormon.

Walaupun bukan kanker, kesamaan LCH dengan penyakit kronis tersebut membuat Eunha kecil harus dirawat di bangsal kanker. Selama enam tahun sejak berusia tujuh hingga 13, penyanyi kelahiran Seoul itu harus mengunjungi RS berulang kali untuk radioterapi atau kemoterapi. Setelah berjuang keras, Eunha akhirnya dinyatakan remisi dan pulih dari sakitnya.

5. Yena (IZ*ONE)

yena
Ketika bayi, Yena pernah mengidap kanker kelenjar getah bening. (Foto Soompi)

Saat ini, Yena terlihat sangat sehat sehingga fan mungkin tak percaya kalu ia pernah mengidap limfoma, kanker kelenjar getah bening ketika masih bayi. Yena menjelaskan kondisinya ini sangat serius, bahkan dokter menyuruh keluarganya untuk menyerah. Tak mau mengikuti saran dokter, kedua orang tua Yena tetap berjuang keras.

Setiap pagi, mereka pergi menjual kimbab sehingga dapat menghasilkan cukup uang untuk membayar tagihan rumah sakit putrinya. Tak sia-sia, Yena akhirnya memberi hadiah berarti kepada orang tuanya melalui kesembuhannya.(sam)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Misteri Baju Balap Fabio Quartararo
Fun
Misteri Baju Balap Fabio Quartararo

Baju balap Quartararo mendadak terbuka.

Di Balik Konsep Avatar Aespa
ShowBiz
Di Balik Konsep Avatar Aespa

Mengusung konsep avatar yang hadir dalam dunia futuristik

Jin BTS Rilis Lagu Baru di Hari Ulang Tahun Ke-28
Fun
Jin BTS Rilis Lagu Baru di Hari Ulang Tahun Ke-28

Jin memberikan persembahan istimewa kepada ARMY di hari ulang tahunnya.

Alasan Distribusi Vaksin COVID-19 di Indonesia Sulit
Fun
Alasan Distribusi Vaksin COVID-19 di Indonesia Sulit

Mulanya Indonesia menargetkan bisa memvaksinasi 107 juta orang hingga akhir tahun depan.

Uki Eks Noah Rintis Bisnis Busana Muslim
ShowBiz
Uki Eks Noah Rintis Bisnis Busana Muslim

Diberi nama Emka Clothing.

Punya Banyak Penggemar, 4 Idola K-Pop ini Selalu Diincar Pengiklan
ShowBiz
Punya Banyak Penggemar, 4 Idola K-Pop ini Selalu Diincar Pengiklan

Apapun yang dipakai dan dipasarkan sang idola, pasti akan selalu ludes.

'Black Panther 2' Mulai Proses Produksi Juli 2021
ShowBiz
'Black Panther 2' Mulai Proses Produksi Juli 2021

Rencananya, Marvel akan memulai syuting pada Juli 2021 di Atlanta dan akan memakan waktu sekitar enam bulan.

Talita Setyadi, The Queen of Pastry Indonesia, Menghempas Kemustahilan
Fun
Talita Setyadi, The Queen of Pastry Indonesia, Menghempas Kemustahilan

Perempuan ini berani mendorong dirinya terus naik ke level-levelselanjutnya.

Xiaomi Akan Luncurkan Aplikasi Pesaing Clubhouse
Fun
Xiaomi Akan Luncurkan Aplikasi Pesaing Clubhouse

Lantaran popularitas Clubhouse yang kian melesat, Xiaomi ingin membuat pesaing aplikasi Clubhouse untuk Android dan iOS

Jalan Raya di London Ini Diubah Menjadi Pusat Kesenian Publik
Fun
Jalan Raya di London Ini Diubah Menjadi Pusat Kesenian Publik

Salah satu proyek karya seni publik terbesar di London.