Lima Daerah ini Punya Cara Unik Merayakan HUT RI Beberapa daerah di Indonesia punya tradisi unik merayakan HUT RI.(ANTARA FOTO/Ampelsa)

BANYAK cara merayakan HUT Kemerdekaan RI. Dari yang menggelar upacara bendera hingga ikut dalam kompetisi tujuh belasan yang selalu seru.

Meskipun umumnya lomba tujuh belasan berkisar pada panjat pinang, lomba makan kerupuk, dan lomba lari karung, ada loh daerah di Indonesia yang malah punya tradisi unik dalam merayakan HUT RI.


1. Upacara Bendera di Bawah Air, Kutai Timur

Upacara Unik Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia
Upacara HUT RI ke-72 di bawah laut (Foto: antaranews/ekho ardiyanto)

Kalau upacara bendera di lapangan sudah umum sih. Bagaimana dengan upacara bendera di bawah air? Di Kutai Timur, upacara bendera digelar di kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut.

Enggak cuma upacara bendera, kegiatan ini juga diselingi penananman terumbu karang sebagai kampanye peduli ekosistem.



2. Perang Rotan, Lombok

gebug ende
Perang rotan di Lombok. (foto: travelingyuk)

Tujuh belasan ikut lomba makan kerupuk? Ah, biasa!

Orang Lombok punya cara yang lebih 'menantang', yakni perang rotan. Tradisi ini dimulai sejak 2012. Dua laki-laki bersenjata rotan dan perisai tradisional akan bertarung untuk jadi pemenang. Seru dan menegangkan.


3. Lomba Sampan Layar, Batam

lomba sampan layar
Perahu layar warna-warni di perairan Batam. (foto: Antara/feri)

Karena dikelilingi laut, Batam memusatkan perayaan HUT RI di sekitar laut. Sejak 1959, warga Batam rutin merayakan HUT RI dengan lomba sampan layar.

Perahu kayu dengan layar warna-warni meliuk mengikuti arah angin dengan rute yang sudah ditetapkan panitia. Lomba biasanya digelar di perairan yang berhadapan langsung dengan Singapura.


4. Upacara Bendera di TPA, Solo

HUT RI di TPA Putri cempo
Komunitas di Solo gelar upacara bendera di TPA Putri Cempo. (MP/Win)

Satu lagi upacara bendera yang enggak biasa. Digelar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo, Mojosari, upacara bendera ini unik banget. Tali tambang dan bambu jadi sarana pengibaran bendera saat upacara.

5. Lari Estafet Obor, Semarang

lari obor semarang
Anak muda Semarang mengikuti lomba lari obor. (foto: Instagram @karangtarunagarudamuda)

Perayaan kemerdekaan juga dilakukan dengan meneladani semangat para pahlawan. Hal itulah yang dilakukan warga Semarang. Lewat lomba lari estafet obor, mereka seolah menyimbolkan bahwa para pahlawan mewariskan semangat juang untuk meraih dan mengisi kemerdekaan. Menginspirasi ya.(kiel)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH