Lima Bunga yang Berbahaya untuk Kucing

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 25 April 2023
Lima Bunga yang Berbahaya untuk Kucing
Bunga tertentu memiliki efek berbahaya pada kucing. (Pexels/Alex Bargain)

BUNGA memang bisa mempercantik halaman rumah dan membuatnya menjadi tampak lebih asri. Hanya saja, bagi yang memiliki anabul di rumah, memilih bunga untuk ditanam dan tidak bisa sembarangan.

Pasalnya, ada beberapa bunga yang beracun bagi kucing jika tertelan. Bahkan ada beberapa diantaranya bisa mengakibatkan hal yang fatal bagi kucing. Untuk itu, kamu perlu mengenali jenis-jenis bunga yang beracun bagi kucing. Seperti dilansir dari Daily Paws, simak berikut ini.

Baca Juga:

Mengapa Kucing Minum Banyak Air?

kucing
Jauhkan kucing dari ancaman beberapa bunga. (Pexels/Cats Coming)


Daffodil


Meski cantik, bunga dengan warna kuning ini berbahaya bagi kucing. Bahkan ketika menggigit daun, batang, dan umbi bunganya sedikit saja dapat menyebabkan kucing muntah, diare, dan mengeluarkan air liur. Lalu jika tertelan cukup banyak, kucing dapat mengalami kondisi parah seperti kejang dan kelainan irama jantung.


Lili


Lili tidak kalah cantik dengan daffodil. Sayangnya, lili sama beracunnya dengan bunga itu. Semua bunga lili sangat berbahaya jika tertelan oleh kucing. Bahkan, hanya mengendus atau meminum air dari vas lili dapat membuat kucing keracunan. Lalu pada kasus yang lebih parah, keracunan bunga lili dapat menyebabkan gagal ginjal, diare, dan kejang.


Tulip


Tulip mungkin merupakan bunga yang jadi favorit bagi banyak orang. Bunga cantik ini harus dijauhkan dari rumah dengan kucing. Meski satu gigitan kecil tulip tidak akan menimbulkan masalah besar. Jika kucing mengonsumsi bunga atau umbi bunganya, kucing keracunan. Gejala keracunan tulip ini akan mirip dengan keracunan bunga lainnya dari muntah, iritasi mulut, dan sulit bernafas.

Baca Juga:

Mengenal Kucing Caracal, Kucing Sangar dengan Antena Hitam di Telinga

bunga
Bunga tulip dapat membuat kucing muntah, iritasi mulut, dan sulit bernafas. (Unsplash/Catia Climovich)


Daisy


Daisy bukanlah tanaman bunga paling beracun bagi kucing. Namun, itu berarti tanaman ini aman. Jika kucing menelan satu atau dua bunganya, kucing akan mengalami muntah dan diare. Jadi, meski keracunan bunga daisy ringan bisa mereda dengan sendirinya dalam beberapa hari. Baiknya tetap dijauhkan bunga ini dari kucing.


Hydrangea


Semua bagian bunga yang terdiri dari 260 jenis ini rupanya dapat menyebaban muntah, lesu, dan diare pada kucing. Dengan demikian, keracunan hydrangea termasuk jarang terjadi karena kucing harus menelannya cukup banyak untuk mengalami efek yang parah. (dkr)

Baca Juga:

Jenis Kucing yang Cocok untuk Penghuni Apartemen

#Kucing #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan