5 Aturan Penting dalam Merawat Kulit yang Wajib Diketahui Agar Lebih "Glowing" perhatikan aturan mendasar dalam mengaplikasikan skin care (Sumber: Daily Vanity)

ADA ribuan trik perawatan kulit dan begitu banyak produk kecantikan yang dirilis, baik lokal maupun luar negeri. Produk-produk tersebut seolah menjanjikan hal terbaik untuk kulit wajah. Kita pun begitu mudah tergiur dari klaim tiap produk kecantikan. Membeli produk kecantikan pun seolah menjadi agenda bulanan kaum hawa.

Hal tersebut tentu tidak menjadi masalah apabila rutinitas kecantikan yang kamu terapkan tidak merusak kulit. Itu karena yang kerap terjadi tren kecantikan seringkali merusak kondisi kulit. Supaya pengaplikasian produk perawatan kulit maksimal, ada sejumlah aturan yang harus diperhatikan. Berikut aturan dalam perawatan kulit:

1. Selalu Mulai dengan Double Cleansing

Double cleansing
Double cleansing (Sumber: Botanic Boutique)

Sesuai namanya, double cleansing atau pembersihan ganda adalah mencuci wajah dua kali. Menggunakan riasan yang kompleks atau tidak, double cleansing dapat menghilangkan riasan, kotoran, dan polusi yang menumpuk di kulit.

Pembersihan wajah sekali hanya menghilangkan kotoran di permukaan sementara pembersihan yang kedua dapat menembus pori-pori. Metode double cleansing membuat kulit lebih siap dengan perawatan berikutnya. Produk perawatan wajah pun dapat menembus kulit dengan lebih baik.

Pertama-tama, mulailah dengan pembersih berbasis minyak yang dapat melarutkan make-up, tabir surya, hingga polusi dan sebum di permukaan kulit. Minyak dipercaya dapat mengikat kotoran di wajah. Selanjutnya, aplikasikan pemberesih berbasis air seperti micellar water, facial foam dan lain-lain.

2. Perhatikan Urutan Pengaplikasian Skin Care

Urutan skin care
Urutan mengaplikasikan skin care yang benar (Sumber: Huda Beauty)

Saat ini, tren kecantikan Korea Selatan, 10 step Korean Routine digandrungi banyak orang. Teknik mengaplikasikan produk perawatan berlapis-lapis ini dianggap mampu memberi perlindungan ekstra kepada kulit serta merawatnya secara maksimal.

Namun, masih ada orang-orang yang tidak tahu urutan pengaplikasian skin care yang benar. Melapisi produk dengan urutan yang salah membuat produk tidak dapat menyerap dengan benar. Misalnya, kamu mengaplikasikan krim mata setelah pelembab tentu takkan membuat produkmu bekerja dengan maksimal.

Pelembab kerap kali bertugas untuk mengunci produk-produk yang telah diaplikasikan sebelumnya. Jika kamu mengaplikasikan krim mata setelahnya tentu ia takkan mendapatkan kesempatan untuk menembus kulit dengan benar dan bekerja dengan baik.

Aturan umumnya yakni dengan menerapkan produk paling ringan terlebih dahulu lalu beralih ke formula paling berat di akhir rutinitasmu.

3. Ketahui Jenis Kulit

Ketahui jenis kulit
Kenali jenis kulit (Sumber: Freepik)

Kulit setiap orang unik. Keunikan tersebut membuat kondisi kulit setiap orang berbeda-beda. Meskipun kondisi kulit setiap orang tak sama, ada beberapa kategori jenis kulit seperti kulit kering, berminyak, kombinasi, atau sensitif.

Perbedaan tersebut membuat produk yang digunakan berbeda-beda pula. Dengan mengetahui jenis kulit, kamu akan memahami perawatan apa yang dibutuhkan kulitmu. Kamu pun berpeluang menemukan produk terbaik dan sesuai untuk kulitmu.

4. Eksfoliasi

Eksfoliasi
Eksfoliasi wajah seminggu sekali (Sumber: Eminence Organic Skin Care)

Mengeksfoliasi kulit secara teratur setidaknya seminggu sekali akan menghilangkan sel-sel kulit mati yang tersumbat di pori-pori. Selain menghilangkan sel kulit mati, eksfoliasi juga membantu pembaruan sel kulit. Efeknya, kulit akan cerah seketika. Beberapa eksfoliasi kimiawi seperti AHA juga dapat mengurangi kerut-kerut halus di wajah.

Meskpun memiliki manfaat yang luar biasa, kita tetap harus mengenali jenis kulit. Jika kamu memiliki kulit berminyak, kamu dapat melakukan eksfoliasi dua hingga tiga kali seminggu. Namun jika kamu memiliki tipe kulit kering, eksfoliasi seminggu sekali pun akan cukup.

Ada dua jenis eksfoliasi yang bisa kamu pilih yakni eksfoliasi fisik yakni dengan scrub atau eksfoliasi kimiawi mengguakan AHA atau BHA. Jika kamu memilih eksfoliasi kimiawi, kamu hanya perlu melakukannya sesekali agar tidak merusak kulit.

5. Jangan Lupakan Tabir Surya

Aplikasikan SPF
Jangan lupakan tabir surya (Sumber: The Independent)

Kamu mungkin berpikir, satu-satunya kerusakan yang bisa ditimbulkan oleh sengatan matahari adalah membuat kulit gelap. Faktanya, sinar matahari benar-benar bisa menghancurkan sel kulitmu.

Berdasarkan data ilmiah yang diterbitkan oleh New England Journal of Medicine, sinar UVA yang ada di matahari dapat merusak kolagen. Akibatnya, kulit akan kehilangan elastisitasnya dan membuat kulit keriput.

Berbagai produk kecantikan yang kamu aplikasikan ke wajah akan menjadi sia-sia jika kamu melupakan tabir surya. (avia)

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH