Lima Aplikasi Teratas di Play Store Selama Puasa #DiRumahAja Aplikasi populer di Play Store (Foto: Pixabay/LoboStudioHamburg)

KITA sudah menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan selama beberapa hari. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, puasa kali ini kita diminta untuk melakukan segala aktivitas di rumah. Hal ini guna mencegah penyebaran virus corona baru atau COVID-19 yang menghantui hampir seluruh negara di dunia.

Kegiatan yang hampir seluruhnya berada di dalam rumah tentu membuat kebiasaan selama ramadan berubah. Guna mengobati kebosanan berselancar di dunia maya menjadi salah satu pilihan. Apalagi di perkembangan teknologi seperti sekarang, menyapa teman yang jauh di sana cukup mudah. Tinggal menghubunginya menggunakan video call kalian sudah bisa saling sapa.

Baca juga:

Tips Mengatasi Kantuk Saat Belajar di Rumah

Aplikasi WhatsApp berada di urutan teratas (Foto: MP/Muchammad Yani)
Aplikasi WhatsApp berada di urutan teratas (Foto: MP/Muchammad Yani)

Berdasarkan pantauan merahputih.com, Rabu (6/5) beberapa aplikasi berhasil menjadi yang terpopuler di toko aplikasi milik Android di tengah pandemi dan saat Ramadan tahun ini. Seperti aplikasi pesan WhatsApp yang menduduki urutan teratas. Platform dari Facebook ini memang menjadi andalan masyarakat Indonesia dalam berkomunikasi jarak jauh.

Hal yang menarik salah satu aplikasi marketplace, Shopee berhasil menduduki urutan kedua di Play Store. Seperti yang diketahui, semenjak banyak masyarakat melakukan karantina pribadi di rumah, intensitas orang untuk berbelanja online semakin tinggi. Ssementara Shopee sendiri saat ini sedang membuat promo bernama Shopee Big Ramadhan Sale mulai 6 April-25 Mei 2020.

Baca juga:

WhatsApp Kedatangan Bot Pemberantas Hoaks Baru

TikTok berada diurutan kedua (Foto: MP/Muchammad Yani)
TikTok berada diurutan kedua (Foto: MP/Muchammad Yani)

Kemudian diurutan ketiga ada aplikasi TikTok, platform sosial video pendek yang dipadukan dengan musik. Meski sempat dipandang sebelah mata oleh masyarakat, aplikasi asal Tiongkok ini kini semakin banyak peminatnya. Bahkan beberapa artis turut menggunakan aplikasi tersebut.

Diurutan keempat ada Facebook Lite. Aplikasi ini memang memberikan keuntungan dibandingkan dengan Facebook. Facebook Lite memiliki ukuran yang lebih kecil dan menggunakan data lebih sedikit saat menggunakannya. Selain itu aplikasi yang diunduh oleh 14 juta pengguna ini bisa digunakan di berbagai jenis ponsel android, baik baru ataupun model lama.

Sementara diurutan kelima ada SHAREit. Aplikasi mengirim dan menerima berbagai macam file ini cukup populer karena kecepatannya. Bahkan berdasarkan keterangan aplikasi, SHAREit diklaim memiliki kecepatan 200 kali lebih cepat dibandingkan Bluetooth, dengan kecepatan mencapai lebih dari 20Mb/s. (Yni)

Baca juga:

Setelah India, Kini Giliran Prancis yang Akan Uji Coba Aplikasi Pelacak COVID-19


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH