Lihat Nih Trailer Film Interaktif Pertama Buatan YouTube! Film interaktif YouTube bersama dengan YouTuber ternama, Markiplier (Foto: YouTube/Markiplier)

MUNCUL lagi satu hal baru dari perkembangan teknologi perfilman. Yaitu film interaktif, dimana penonton diberikan pilihan yang dapat merubah alur dan akhir dari sebuah film. Nampaknya YouTube tertarik dengan konsep tersebut dan membuat film interaktifnya sendiri.

Yap! YouTube baru saja membuat film interaktif bersama dengan salah satu YouTuber gaming ternama Markiplier. Film tersebut berjudul A Heist with Markiplier. Rencananya film tersebut akan tayang pada 30 Oktober 2019.

Baca juga:

Interaktif, 3 Film Berikut Biarkan Penonton Tentukan Jalan Cerita

Dalam film A Heist with Markiplier penonton ditempatkan sebagai partner karakter Markiplier dalam sebuah misi pencurian. Dilansir dari laman The Verge, penonton nantinya diberikan sebanyak 61 video yang terpecah jadi 31 akhir film yang berbeda.

Film ini nampaknya YouTube buat untuk dapat bersaing dengan Netflix. Sebelumnya Netflix telah lebih dulu membuat film-film interaktif seperti Black Mirror: Bandersnatch dan You vs. Wild.

Baca juga:

Wajib Nonton, Rekomendasi 5 Film Dokumenter Tentang Musik di Netflix

Padahal jika dilihat sejarahnya, film interaktif sendiri sudah lebih dulu muncul di platform YouTube. Hanya saja bukan pihak YouTube sendiri yang membuatnya, tetapi para YouTuber kreatif.

Dengan cara menggunakan fitur anotasi di platform YouTube. Ditur dapat mengoper penonton ke video lainnya. Alhasil bekerja seperti film-film interaktif seperti sekarang.

Film A Heist with Markiplier ini juga sebenarnya tidak berbeda dari film-film interaktif YouTube lainnya. Hanya saja kali ini YouTube terlibat dalam pendanaanya dan alhasil Markiplier mampu menciptakan video yang terkesan lebih baik dari video-video YouTube pada umumnya.

Lihat Nih Trailer Film Interaktif Pertama Buatan YouTube!
Google telah merubah sistem YouTube Original akan dapat dinikmati lebih banyak orang (Foto: YouTube)

Film ini nantinya akan dimasukkan ke dalam program YouTube Original. Untungnya, sistem YouTube Original telah diubah. Sebelumnya pengguna YouTube harus membayar biaya bulanan untuk dapat menikmati acara-acara di YouTube Original.

Tapi Google selaku perusahaan pemilik YouTube merubah sistem tersebut. Dari sistem berlangganan jadi ke arah sponsor dan pendapatan iklan. Jadi setiap pengguna YouTube tak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk menonton acara-acara terbaru di YouTube Original. (Sep)

Baca juga:

5 'Series' Garapan Netflix dengan Jumlah Penonton Terbanyak


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH