Irjen Pol M Iriawan. (MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Inspektur Jenderal Polisi Muhammad Iriawan resmi dipromosikan menjadi Asisten Bidang Operasi (Asops) Kapolri. Posisi Kapolda Metro Jaya yang ditinggalkannya kini dijabat juniornya, Inspektur Jenderal Idham Azis.

Iriawan dikenal sosok yang ramah dan bersahaja. Tak hanya di mata masyarakat, tetapi juga di mata anak buahnya.

Dalam video yang beredar di kalangan wartawan, terlihat bagaimana rasa kehilangan dari anak buah Iriawan di Polda Metro Jaya.

Mulai dari berpangkat brigadir, perwira menengah bahkan PNS di kalangan Polda Metro Jaya, merasa sangat kehilangan sosok Iriawan.

Dalam video berdurasi 1 menit itu, mata Iriawan terlihat berkaca-kaca di dalam suatu ruangan. Ruangan itu diketahui berada di gedung utama Polda Metro Jaya.

Pada cuplikan awal video, lulusan Akpol 84 itu terlihat memberikan hormat kepada para staf pribadi dan beberapa Polwan. Usai memberikan hormat, Iriawan melanjutkan perpisahan kepada stafnya sambil berkaca-kaca, sesekali ia mengusap hidungnya.

Satu per satu jenderal bintang dua itu menyalami anak buahnya yang selama 10 bulan membantunya. Pelukan erat nan hangat pun tak canggung diberikan Iriawan kepada anak buahnya. Sesekali, Iriawan mengusap kepala para staff dan sekretaris pribadinya.

Bahkan, tak jarang anak buahnya menitikan air mata melihat komandannya angkat kaki dari Mapolda Metro Jaya.

Suasana haru pun menyelimuti ruangan itu. Akhirnya, selesai sudah Iriawan menyalami semuanya. Salam hormat untuk terakhir kalinya diberikan Iriawan kepada semuanya yang dibalas hormat.

Tak hanya anak buahnya, penggantinya Irjen Idham Azis pun punya kesan tersendiri terhadap Iriawan. Dalam acara lepas sambut samalam, Idham mengungkapkan rasa bangganya memiliki senior yang jadi panutannya.

"Ada satu pemikiran dan rasa was-was di diri saya dan keluarga, apakah saya bisa mengikuti jejak beliau? Beliau adalah salah satu orang terbaik di Polri," kata Idham Azis di Jakarta, Kamis (27/7). (Ayp)



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH