Lihat Nih Kehidupan di Bawah Laut Dalam yang Bikin Penasaran

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 10 Januari 2020
Lihat Nih Kehidupan di Bawah Laut Dalam yang Bikin Penasaran
Di bawah laut dalam masih banyak kehidupan yang belum diketahui (Foto: unsplash/MattAll

KEHIDUPAN di laut dalam masih menjadi misteri yang cukup unik, banyak orang mengatakan bahwa kehidupan di bawah laut memiliki keindahan tersendiri dengan bentukkan alam yang sudah tercipta di dalamnya. Melansir dari oceanpulse bila dibandingkan dengan kehidupan makhluk hidup di daratan, bisa jadi ada kemiripannya. Ditinjau dari apa yang sering dirasakan oleh manusia, kamu bisa merasakan matahari terbit dan memberikan kehangatan pagi hari dari laut.

Namun, ternyata kehangatan matahari pagi dan sejuknya udara hanya bisa dirasakan oleh para penghuni bawah laut hingga maksimal kedalaman 1000M atau dikenal dengan dysphotic zone. jarak tembus maksimal ini terjadi akibat energi dari cahaya matahari diserap dan disebar oleh air laut sehingga pada jarak maksimal tidak terdeteksi lagi cahaya matahari.

Baca juga:

Ada Apa di Laut Kedalaman 11.000 Meter? Film 'Underwater' akan Menjawabnya

Keunikan dari kedalaman 1000 meter di bawah laut adalah kondisi perairan yang memiliki temperatur sangat rendah (0-6 derajat celsius). Menariknya pada kedalaman ini terbentuk pusat-pusat panas akibat aktivitas vulkanik dibawah dasar laut yang membentuk semacam cerobong panas atau ventilasi hidrotermal.

Perbedaan suhu yang ekstrem antara ventilasi (350 derajat celsius) dengan kondisi perairan sekitar ( 0-6 derajat celsius) menciptakan fenomena habitat yang unik. berikut beberapa jenis bentuk-bentuk kehidupan yang ada dibawah laut.

1. Ubur-Ubur Raksasa

Mengerikan, Lihat Nih Kehidupan di Bawah Laut Dalam
Ubur-Ubur raksasa naik ke permukaan air (Foto: affordablemallorca)

Sering sekali kita melihat ubur-ubur yang ada di perairan laut.Namun berbeda sekali dengan ubur-ubur satu ini. Ukurannya yang besar membuat spesies indah satu ini berubah menjadi spesies yang sedikit mengerikan dan harus diwaspadai. Ubur-ubur bisa memberikan sengatan yang menyakitkan.

Faktanya ubur-ubur telah ada sejak 650 juta tahun lalu, sehingga keberadaan mereka lebih lama dari dinosaurus dan hiu.

2. Angler Fish

Mengerikan, Lihat Nih Kehidupan di Bawah Laut Dalam
Angler Fish salah satu dari banyak ikan predator (Foto: montereybayaquarium)

Merupakan karnivora yang hidup di kedalaman satu mil di bawah permukaan Laut Atlantik dan di kawasan Antartika. Ikan ini hewan terjelek yang ada di Bumi. Hidupnya sendiri dan dalam kegelapan.

Terdapat kurang lebih 200 spesies Angler Fish di area perairan Atlantik dan Antartika. Beberapa diantaranya memiliki ukuran fisik yang besar lebih dari satu meter.

Baca juga:

Suka Main ke Laut? Yuk Cari Tahu Dulu Fakta tentang Pusaran Air

3. Belut Moray

Lihat Nih Kehidupan di Bawah Laut Dalam yang Menyeramkan
Belut moray menyerupai karang untuk mencari mangsa (Foto: pexels)

Belut ini merupakan spesies terbesar yang hidup di Bumi. Moray lebih suka hidup di bawah karang untuk bersembunyi dan menanti mangsanya.

Uniknya, Mora ternyata memiliki penglihatan yang buruk. Mereka lebih mengandalkan indra penciuman dan gerakan mangsanya.

4. Gurita Raksasa

Lihat Nih Kehidupan di Bawah Laut Dalam yang Menyeramkan
Seorang penyelam tengah berinteraksi dengan gurita (Foto: seattlemet)

Siapa yang tidak mengenal gurita? Selain bentuknya yang unik, gurita juga terkenal karena dijadikan salah satu bahan makanan yang digemari oleh banyak orang.

Namun gimana jadinya jika kita melihat gurita dengan ukuran yang sangat besar? Pastinya mengerikan dan bisa jadi gurita raksasa itu tidak bersahabat. Fakta uniknya, gurita memiliki tiga jantung dan darahnya biru seperti alien yang ada di film-film. (Nic)

Baca juga:

Belum Terjawab, 4 Misteri dari Laut Ini Dijamin Bikin Merinding

#Laut Dunia #Laut Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan