Fashion
Lihat lagi, Bintang Fesyen Inaugurasi Biden-Harris Industri fesyen AS mendapat tempat tersendiri dalam upacara pelantikan Biden-Harris.(Foto: E!/enline.com)

INDUSTRI fesyen Amerika mendapat banyak kepercayaan pada hari pelantikan Presiden AS Joe Biden. Wakil Presiden Kamala Harris dan Ibu Negara Jill Biden menghadiri acara dengan mengenakan karya para desainer Amerika.

Presiden Biden dan Second Gentleman, Douglas Emhoff, keduanya mengenakan jas dari Ralph Lauren, putra imigran Yahudi kelahiran Bronx, yang telah menjadi standar kemewahan Amerika selama lebih dari 40 tahun.

Sementara itu, Jill Biden mengenakan mantel wol biru dengan manset beludru, dan gaun yang dihiasi kristal Swarovski dan mutiara (serta masker wajah yang serasi) yang dirancang desainer kelahiran Colorado Alexandra O'Neill dari label baru Amerika, Markarian. "Merupakan kehormatan luar biasa untuk mendandani Dr. Biden hari ini. Saya sangat rendah hati bahkan menjadi bagian kecil dari sejarah Amerika," kata O'Neill dalam e-mail ke CNN Style, (21/1).

BACA JUGA:

Di Balik Gaya Busana Michelle Obama saat Pelantikan Biden-Harris

Harris melangkah keluar dengan gaun dan mantel ungu oleh Christopher John Rogers, dari Baton Rouge, Louisiana. Pemenang penghargaan CFDA / Vogue Fashion Fund 2019, Rogers ialah salah satu desainer muda kulit hitam paling banyak dibicarakan saat ini. Pengalamannya pernah bekerja sama dengan manta ibu negara Michelle Obama, Beyoncé dan Rihanna.

Rogers terkenal karena penggunaan warna-warna berani dan siluet dramatis, Harris memilih tampilan yang lebih rapi dengan gaya khasnya yang biasa untuk tampil lebih minimal.

Mengingat delapan tahun di Gedung Putih, tidak mengherankan jika Michelle Obama tahu persis bagaimana cara berpakaian untuk acara tersebut. Melanjutkan tradisi panjangnya dalam memperjuangkan label baru dan desainer muda kulit hitam, dia datang dalam balutan busana plum dari kepala hingga ujung kaki dan merah anggur oleh Sergio Hudson, perancang yang berbasis di LA.

michelle Obama
Michelle Obama dalam balutan busana perancang AS Sergio Hudson. (wmagazine.com)

Pakaiannya terdiri dari sweter turtleneck dan celana bootcut berkaki lebar, dengan mantel terstruktur yang membantunya menemukan keseimbangan antara keanggunan yang bersahaja dan gaya berpakaian yang kuat.

Dia melengkapi penampilannya dengan masker hitam dan salah satu sabuk kulit buatan tangan Hudson, diikat dengan gesper kuningan melingkar, tentu saja, dalam warna ungu yang serasi.

Itu merupakan hari besar bagi Hudson, yang dilaporkan juga mendesain sepasang sepatu hak yang dikenakan oleh Wakil Presiden Kamala Harris. Berasal dari Carolina Selatan, Hudson meluncurkan label pakaian siap pakai eponimnya pada tahun 2014. Merek tersebut mendeskripsikan estetika sebagai penjahit yang rapi dan dengan gaya androgini bersama dengan siluet yang seksi.

Dua Fashion Icon Pengisi Acara

lady gaga
Lady Gaga tampil dengan gaya yang khas.(ksat.com)

Dengan gaya khas, Lady Gaga mencuri perhatian dalam ajang pelantikan tersebut. Dia tampil menyanyikan lagu kebangsaan AS dengan jaket kasmir angkatan laut yang pas badan, dihiasi dengan bros merpati perdamaian besar dan rok sutra merah tebal.

Ansambel khusus tersebut merupakan karya desainer Texas Daniel Roseberry untuk rumah mode Prancis Schiaparelli, tempat ia menjabat sebagai direktur artistik sejak 2019.

Dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke CNN Style, Roseberry berkata, "Sebagai seorang Amerika yang tinggal di Paris, ansambel ini adalah surat cinta untuk negara yang sangat saya rindukan dan untuk seorang musisi yang karyanya saya kagumi begitu lama."

jennifer lopez
Jennifer Lopez tampil dalam balutan serbaputih.(russh.com)

Beberapa saat kemudian, Jennifer Lopez, menyanyikan medley This Land Is Your Land dan America the Beautiful dari Woody Guthrie, dalam balutan pakaian putih dari ujung ke ujung. Warna yang mewakili hak pilih perempuan, yang dikenakan pula oleh Harris dalam pidato penerimaan wakil presiden November 2020, dan oleh Hillary Clinton pada 2016, ketika menerima nominasi presiden dari Partai Demokrat.

Gaya Ella Emhoff

ella emhoff
Gaya Ella Emhoff bersama keponakan Wakli Presiden AS Meena Harris dan kakaknya, Cole.(pressform.info)

Menghadiri acara bersama fashion icon seperti Michelle Obama dan Lady Gaga akan selalu menjadi pangalaman yang menegangkan. Namun pada hari yang penuh blocking warna dengan penampilan monokromatik itu, putri sambung Wakil Presiden Kamala Harris, Ella Emhoff, mencuri perhatian para pengamat mode pada pelantikan hari Rabu (20/1) lalu.

Pakaiannya langsung menjadi viral, membuat banyak orang bersemangat tentang apa yang mungkin dibawa seniman pemula dan mahasiswa desain ke Gedung Putih selama empat tahun mendatang.

Sebagian besar perbincangan berpusat pada outer kotak-kotaknya yang berbulu halus. Dengan pinggangnya yang diikat, kerah putih bersih, dan hiasan berkilau. Outer wol itu mendapat pujian sejak Emhoff berjalan menuruni tangga Capitol bersama kakaknya, Cole.

"Sebagai seorang remaja yang berseni, saya merasa perlu untuk mencatat seberapa besar arti representasi Ella Emhoff bagi kami," demikian tulis salah satu posting yang sangat disukai membaca di Twitter. Sementara itu, penulis dan editor Evan Ross Katz berkomentar: "Hiasan bahu pada mantel Ella Emhoff? Saya mencium seorang fashion icon akan tercipta."

Pengguna Twitter awalnya berspekulasi bahwa Emhoff, seorang siswa di Sekolah Desain Parsons yang bergengsi di New York, telah membuat sendiri pakaian dengan panjang sebetis itu, tapi kemudian segera terungkap bahwa busana itu merupakan karya label Italia Miu Miu, anak perusahaan dari raksasa femewah Prada.

Dengan bantuan penata gaya selebriti Jill Lincoln dan Jordan Johnson, dia melengkapi penampilan dengan kacamata bulat gaya John Lennon, masker hitam, sarung tangan kulit, dan headband dari Loeffler Randall.

Sementara outer Emhoff mendapatkan perhatian paling banyak, pujian juga diberikan untuk gaun moiré yang dikenakannya di dalamnya. Menampilkan garis leher yang tinggi dan bahu yang menggembung, gaun merah anggur itu keluaran merek pakaian perempuan Batsheva, yang memberikan "infleksi modern" pada gaya tradisional Amerika.

Berbicara tentang pilihan pakaiannya sebelum pelantikan hari Rabu, Emhoff mengatakan kepada majalah Vogue bahwa dia telah mempersiapkan pakaiannya karena ada kemungkinan munculnya ekspektasi dan perbincangan seputar pilihan fesyen dia dan keluarga Harris.

"Mood board saya sangat 'gadis kecil', dalam arti, banyak kerah berenda dan bahu siluet besar dan kancing kecil," katanya seperti dikutip dalam wawancara bersama pendiri brand Batsheva, Batsheva Hay.

"Aku akan mencari sesuatu yang lebih feminin, untuk merangkul sisi femininku karena, seperti, berapa kali kamu mempersiapkan diri untuk menghadiri pelantikan? Acara penting ini pantas mendapatkan pakaian yang penting," dia menambahkan.

Fakta bahwa Bidens, serta Harris dan Emhof, memilih desainer Amerika, dapat menandakan kembalinya pendekatan Amerika pertama ke pakaian Gedung Putih yang terlihat selama pemerintahan Obama.

Sementara itu, Melania Trump menunjukkan preferensi untuk desainer Eropa ternama selama empat tahun sebagai ibu negara. Bahkan, dia meninggalkan Gedung Putih untuk terakhir kalinya pagi ini dengan jaket berkancing Chanel dan gaun Dolce & Gabbana.

Pendahulunya, Michelle Obama, sering menggunakan platformnya sebagai kesempatan untuk mempromosikan perancang-perancang muda Amerika, mulai dari desainer independen Jason Wu, Isabel Toledo, Thom Browne, dan Naeem Khan, hingga merek yang lebih mudah diakses seperti J Crew. (aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Ekspresi 40 Tahun Bermusik Duran Duran Tertuang di Album 'FUTURE PAST'
ShowBiz
Ekspresi 40 Tahun Bermusik Duran Duran Tertuang di Album 'FUTURE PAST'

Band new wave asal Inggris tersebut akhirnya resmi merilis album terbaru bertajuk FUTURE PAST

Bigboss Tycoon, Game Anak yang Mengedukasi
Fun
Bigboss Tycoon, Game Anak yang Mengedukasi

Dalam game Bigboss Tycoon pemain diharuskan membuat berbagai bangunan seperti hotel, kebun binatang hingga restoran.

Tas Mewah Bisa Jadi Investasi Menjanjikan
Fashion
Tas Mewah Bisa Jadi Investasi Menjanjikan

Bagi sebagian orang tas mewah adalah barang investasi masa depan.

Kecanduan Hingga Faktor Keturunan, Ketahui Penyebab Gangguan Kleptomania
Fun
Kecanduan Hingga Faktor Keturunan, Ketahui Penyebab Gangguan Kleptomania

Seorang kleptomania tahu betul bahwa perilaku mencuri ini salah tetapi tidak bisa berhenti melakukannya

Penantian 22 Tahun, Unit Gothic Rock Sieve Rilis EP 'Biara' ke Format Digital
ShowBiz
Penantian 22 Tahun, Unit Gothic Rock Sieve Rilis EP 'Biara' ke Format Digital

Setelah menunggu sekian lama, mini album Biara sudah bisa dinikmati secara digital.

Pentingnya Edukasi dan Deteksi Dini Kanker
Fun
Pentingnya Edukasi dan Deteksi Dini Kanker

Deteksi kanker sangat penting, bahkan kunci menghadapi masalah kanker.

iQiyi Hadirkan Tayangan Korea Terbaru Tentang Berbagai Macam Profesi
Fun
 Kiwis yang Lahir setelah 2008 Dilarang Merokok
Hiburan & Gaya Hidup
Kiwis yang Lahir setelah 2008 Dilarang Merokok

Diharapkan akan diberlakukan tahun depan.

Koleksi Parfum Davidof Edisi Street Fighter V
Fun
Koleksi Parfum Davidof Edisi Street Fighter V

Davidoff akan merilis lima parfum kece edisi Street Fighter V.

Museum Madame Tussauds Bakal Buka di Dubai
Fun
Museum Madame Tussauds Bakal Buka di Dubai

Akan memamerkan lebih dari 60 patung lilin selebritas dunia.