Lightsaber Pertama Luke Incaran Kolektor Star Wars Dilelang, Iya yang Warna Biru Lightsaber biru Luke Skywalker. Foto: Slashfilm

RILIS film pertama "Star Wars: A New Hope" telah lewat 41 tahun lalu pada 1977 silam. Wajar sejumlah properti film yang mengisahkan petualangan kesatria Jedi luar angkasa itu menjadi incaran kolektor elit dunia. Kabar gembira bagi kalian fans berat Star Wars, pekan depan akan digelar lelang satu senjata paling ikonik dari film itu, Lightsaber pertama Luke Skywalker.

Ya benar Lightsaber yang bakal dilelang berwarna biru, yang pertama kali dipakai Mark Hamill, aktor pemeran Luke, saat pertama kali berlatih menjadi kesatria Jedi di bawah asuhan Obi-wan Kenobi yang legendaris itu. Auctioneers Profiles in History, melansir Selasa (4/12), lelang akan digelar di Los Angeles, Amerika Serikat, pekan depan. Senjata Luke itu akan dilelang bersama 25 properti lain dari sekuel pertama film Star Wars.

1. Pedang laser karya pemenang Oscar

luke star wars obi-wan kanobi
Luke saat pertama kali dilatih menggunakan Lightsaber oleh Master Jedi Obi-wan Kenobi. Foto:Slashfilm

Tingginya nilai sejarah dari pedang laser yang mengawali kisah sukses rangkaian sekuel Star Wars selama lebih 4 dekade itu diprediksi bisa terjual hingga di atas 200.000 dolar AS. Apalagi, lightsaber yang akan dilelang itu dirancang oleh dekorator peraih Oscar Roger Christian. Nama yang juga semakin melambung nilai jual senjata ikonik franchise opera luar angkasa milik George Lucas itu di mata para kolektor.


2. Lightsaber The Empire Strikes Back laku Rp6 miliar

luke hijau
Lightsaber Luke Skywalker warna hijau yang dilelang tahun 2017. Foto: Slashfilm

Lightsaber Luke Skywalker dari "Star Wars: A New Hope" bukan yang pertama dilelang ke publik. Tahun lalu, tepat pada peringatan 40 tahun lahirnya Star Wars, Lightsaber yang dipakai aktor Mark Hamill di sekuel kedua "The Empire Strikes Back" laku terjual seharga 450.000 dolar AS atau sekitar Rp6 miliar.

Pemenang lelang adalah perusahaan Ripley Entertainment Inc. Pedang laser berwarna hijau itu adalah salah satu koleksi dari produser Gary Kurtz yang kini menjadi bagian dari Museum 'Believe It or Not' di Amerika Serikat milik Ripley.


3. Rekor termahal masih dipegang R2-D2

R2d2
Robot droid R2-D2. Foto: starwars.com

Dikutip Reuters, film-film "Star Wars" telah meraup miliaran dolar di box office dunia dan properti serta kostum dari film tersebut harganya bisa meroket di pelelangan. Namun, senjata andalan para Jedi itu ternyata bukan barang yang memiliki nilai lelang tertinggi dari sejumlah koleksi terkait Star Wars.

Rekor termahal sampai saat ini masih dipegang unit robot droid R2-D2 yang dipakai dalam film trilogi original Star Wars. Robot biru putih pendamping Luke itu laku terjual 3 juta dolar AS, atau setara Rp42,8 miliar lebih dalam lelang yang digelar tahun lalu. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH