Liga 2 Kembali Bergulir, Erick Thohir: Kita Bangun Fondasi Kuat untuk Timnas

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 27 September 2021
Liga 2 Kembali Bergulir, Erick Thohir: Kita Bangun Fondasi Kuat untuk Timnas
Menteri BUMN, Erick Thohir (baju hitam) bersama Menpora Zainudin Amali dan Ketum PSSI Mochamad Iriawan di Stadion Manahan Solo, Minggu (26/9). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Liga 2 musim 2021 telah resmi dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di Stadion Manahan Solo, Minggu (26/9) malam. Ini merupakan yang pertama setelah Liga 2 terhenti selama 1,5 tahun akibat pandemi COVID-19.

Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, turut hadir dalam menyaksikan langsung penerapan protokol kesehatan.

Baca Juga

Kalah dari Persis Solo di Laga Pembuka Liga 2, Atta Halilintar: Sesuai Prediksi

Pada Laga perdana grup C tersebut, Persis Solo unggul atas tamunya AHHA Pati dengan skor akhir 2-0. Kedua gol Persis Solo dicetak Beto Goncalves dan Eky Taufik.

"Saya mengapresiasi jalannya pertandingan Liga 2 yang menandakan kebangkitan sepak bola di tanah air," ujar Menteri BUMN, Erick Thohir, Minggu (26/9) malam.

Erick mengatakan pihaknya harus optimistis sepak bola kita bangkit. Terlebih Menpora dan Ketua PSSI turun langsung menyaksikan jalannya protokol kesehatan COVID-19.

"Kita jarang melihat PSSI dan pemerintah kompak, kalau pemerintah dan PSSI kompak saya yakin sepak bolanya bangkit," terang dia.

Menteri BUMN, Erick Thohir (baju hitam) bersama Menpora Zainudin Amali dan Ketum PSSI Mochamad Iriawan di Stadion Manahan Solo, Minggu (36/9). (MP/Ismail)
Menteri BUMN, Erick Thohir (baju hitam) bersama Menpora Zainudin Amali dan Ketum PSSI Mochamad Iriawan di Stadion Manahan Solo, Minggu (26/9). (MP/Ismail)

Kementerian BUMN, lanjut dia, fokus di 17 cabang olahraga sesuai dengan peta jalan (roadmap) dari Kemenpora. Salah satunya cabang olahraga sepak bola.

"Sekarang dengan adanya Liga 1 yang seru dan Liga 2 seru ini menjadi fondasi nantinya kita mulai membangun tim nasional kita," tegas dia

Dikatakannya, Berdasarkan arahkan Menpora, saat ini Kementerian BUMN menjajaki kerjasama dengan PT LIB untuk penyelenggaraan kompetisi. Salah satunya, adalah melalui Bank BRI yang menjadi sponsor utama Liga 1.

"Selain itu, PT Telkom yang membantu penayangan pertandingan secara langsung. Nantinya, kerja sama juga akan diarahkan ke timnas (Tim Nasional)," kata dia.

Ia menambahkan kerjasama Kementerian BUMN dengan olahraga pihaknya masih menunggu masa transisi. Terdekat saat ini untuk Menpora dan PSSI fokus PON.

"PON XX Papua Sebentar lagi berjalan. Bertahap kami lakukan yang terbaik dalam membantu kemajuan sepakbola Indonesia," pungkasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

Diharapkan Tak Terjadi Klaster COVID-19, PT LIB Potong Nasi Tumpeng di Stadion Manahan

#Erick Thohir #PSSI #Liga 2 #Zainudin Amali
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan