Liga 1 Berhenti, Wasit Asal Yogyakarta Ini Jadi Tenaga Medis Tangani Virus Corona

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 03 April 2020
Liga 1 Berhenti, Wasit Asal Yogyakarta Ini Jadi Tenaga Medis Tangani Virus Corona
Agus Fauzan. (Istimewa)

MerahPutih.com - Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 dihentikan hingga 29 Mei 2020 akibat wabah COVID-19. Hal itu membuat Agus Fauzan kembali ke barak di Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta.

Wasit asal Kota Gudeg itu langsung mendapatkan tugas berat. Sebagai prajurit, ia ditugaskan menjadi orang terdepan yang melakukan pengecekan Virus Corona (COVID-19) terharap orang-orang yang masuk ke kesatuan tersebut.

Baca Juga

PSSI dan PT LIB Tunggu Uang Sponsor, Nasib Gaji Wasit Mengambang di Tengah Force Majeure Kompetisi

Agus merupakan salah satu bagian dari TNI Angkatan Udara, saat ini ia memiliki pangkat Sersan Dua (Serdu). Dalam masa darurat pandemi Virus Corona, Agus ditugaskan oleh pimpinannya untuk menjadi tenaga medis di Yogyakarta.

Agus Fauzan. (Istimewa)
Agus Fauzan. (Istimewa)

Tugasnya melakukan sterilisasi ruangan ataupun membantu kesatria TNI lainnya yang sibuk keluar-masuk membantu tenaga medis di Yogyakarta dan sekitarnya. Ia juga bertugas menyemprotkan cairan desinfektan kesetiap kesataria yang masuk.

"Kebetulan saya saat ini berdinas di satuan kesehatan Akademi Angkatan Udara, jadi saat sekarang disibukan dengan ikut dalam penanggulangan dan pencegahan penyebaran Virus Corona di daerah tempat saya bertugas," kata Agus ketika dihubungi oleh BolaSkor.com, Jumat (3/4)

"Di awal kami melakukan pemantauan dan penyemprotan desinfektan dengan APD yang seadanya. Tapi sekarang alhamdulillah kami sudah dikirim APD tiga hari yang lalu dan ini sangat berguna bagi kami yang sedang bertugas seperti ini," tambahnya.

Wasit yang memimpin pertandingan Persib Bandung melawan Persela Lamongan ini mengaku saat ini para warga yang ada di Yogyakarta sudah sangat peduli terhardap Virus Corona. Bahkan mereka sudah mengikuti aturan pemerintah untuk tidak berpergian dari rumah.

"Sepengetahuan saya, sekarang sudah banyak warga yang sadar akan Virus Corona ini. Mereka pun sudah melakukan social distancing dan tidak berpergian dari rumah untuk mencegah penyebaran virus ini," tambahnya.

Agus Fauzan. (Istimewa)
Agus Fauzan. (Istimewa)

Di tengah pandemi ini, Agus masih memikirkan rekan-rekan-rekan wasit yang tidak memiliki pekerjaan tetap selain wasit. Bahkan ia mengaku ikut merasakan apa yang dirasakan oleh rekan-rekan wasit lainnya yang tidak memiliki penghasilan tetap dari wasit.

"Alhamdulillah kalau saya masih ada pendapatan. Jujur saya merasa prihatin dengan rekan-rekan lainnya. Kami sesama korps wasit, jadi secara tidak langsung ikut merasakan yang rekan-rekan kami rasakan di luar sana," tutur Agus.

"Selama ini kami selalu melakukan komunikasi dengan baik. Saya pribadi bersyukur teman-teman dalam keadaan yang baik dan tidak ada yang sakit. Saya berharap semoga virus ini segera berlalu dan situasi kembali normal kembali," ujar Agus.

Baca Juga

Ironi Wasit di Indonesia Akibat Virus Corona, Kompetisi Terhenti Gaji Berhenti

Sebelumnya Agus mengusulkan, agar PSSI memerhatikan kondisi wasit selama kompetisi dihentikan. Pasalnya pengadil juga bagian utama dari kompetisi, dan banyak dari mereka yang tidak punya penghasilan tetap selain dari wasit.

"Ya kami lemahnya di situ. Kami jelas tidak ada kontrak, kami dibayar per pertandingan. Mungki harapkan kmi sedikit bantuan (dari PSSI). Karena ada teman-teman (wasit) yang mungkin tidak ada pekerjaan lain selain menjadi wasit. Mungkin itu yang di pihak atas (PSSI) yang akan mengusulkan," pungkasnya. (*)

#Liga 1 #Liga 2 #PSSI
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan