Liga 1 2018 Tanpa Wasit Asing

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 29 Maret 2018
Liga 1 2018 Tanpa Wasit Asing
Wasit Hasan Akrami. Foto maduraunitedfc.com/HENDRA

MerahPutih.com - PSSI memastikan kompetisi Liga 1 musim 2018 tanpa penggunaan wasit asing. Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

Ia meluruskan apa yang pernah dilontarkan COO PT Liga Indonesia Baru (LIB), Tigor Shalomboboy. Tigor sempat menjelaskan bahwa Liga 1 2018 akan menggunakan wasit asing meski jumlahnya tak sebanyak musim 2017, karena PSSI saat ini memiliki program pengembangan wasit.

"Dipastikan tidak. Sebelumnya ketika pak Berlinton (Siahaan, Direktur Utama PT LIB) menjelaskan akan ada tiga wasit asing, yang benar ada tiga tenaga asing yang membantu pengembangan wasit," kata Joko Driyono.

Wasit Shaun Evans di Liga 1 2017. Foto: PT LIB

"Alokasi energi 75 persen fokus Liga 1 dan saat ini PSSI kerja keras termasuk melalui FIFA Forward Programme dan tenaga asing Jepang. (Membenahi wasit) bukan pekerjaan membalikan telapak tangan, tapi kami yakin prosesnya sudah dimulai," tambahnya.

Jokdri, panggilan mantan Sekjen PSSI itu juga menegaskan komitmen untuk mengadakan alat bantu wasit seperti papan pergantian elektronik, spray, dan alat komunikasi wasit. Pengadaan alat bantu tersebut akan bekerja sama dengan operator PT LIB.

"Ya, Liga Indonesia Baru komitmen untuk itu. Semua dalam proses. semoga didapatkan dalam waktu segera," terang Joko Driyono. (*/Bolaskor)

#Wasit Asing #PT Liga Indonesia Baru #Liga 1
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan