Lifehack Saat Menggunakan Handphone

Muchammad YaniMuchammad Yani - Jumat, 24 Desember 2021
Lifehack Saat Menggunakan Handphone
Barang yang selalu dibawa kemana pun pergi. (Foto: Unsplash/Pradamas Gifarry)

BANYAK cara untuk memaksimalkan penggunaan ponsel. Barang yang selalu dibawa kemana-mana tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Misalnya seperti ada beberapa ponsel yang memiliki ketahanan baterai sangat lama, tetapi di beberapa ponsel lainnya memiliki ketahanan baterai yang sangat lemah.

Memang hal tersebut terkadang membuat jengkel. Lalu sebagian orang juga masih belum mengetahui cara mengatasi masalah tersebut atau hal lainnya saat menggunakan ponsel, yang setidaknya bisa meminimalisir keluhan yang dialami.

Oleh karena itu, berikut ini beberapa lifehack yang bisa dicoba untuk ponsel kamu:

Baca juga:

6 Hidangan Lezat Rendah Kalori, Siap Menggoyang Lidah

1. Aktifkan mode pesawat supaya irit baterai

Gunakan mode pesawat ketika baterai sedang sekarat. (Foto: Unsplash/Sten Ritterfeld)
Gunakan mode pesawat ketika baterai sedang sekarat. (Foto: Unsplash/Sten Ritterfeld)

Cara ini termasuk bisa mengatasi atau meminimalisir baterai yang boros pada ponsel. Karena dengan mengaktifkannya, ponsel tidak akan bisa menerima sinyal sehingga seluruh aplikasi akan offline, bahkan sampai aplikasi yang dibelakang layar.

2. Matikan ponsel agar mengisi daya cepet

Matikan ponsel saat mengisi baterai. (Foto: Unsplash/Andreas Haslinger)
Matikan ponsel saat mengisi baterai. (Foto: Unsplash/Andreas Haslinger)

Sering terjadi ketika lupa mengisi daya ponsel saat malam hari. Sebenarnya memang jangan mengisi daya ponsel sambil ditinggal tidur semalaman, karena bisa membuat baterai bocor. Tapi bagi sebagian orang yang harus berangkat kerja pagi-pagi buta, terkadang tetap melakukannya agar tidak kelupaan untuk mengisi daya ponselnya.

Kalaupun memang kejadian, lakukan dengan cara mengisi daya dalam posisi ponsel mati total. Cara tersebut sedikit membantu mempercepat pengisian. Karena tidak ada aplikasi yang bisa mengonsumsi daya baterai dalam kondisi mati total.

Baca juga:

Manfaat Mendengarkan dan Cara Mengasah Kemampuan Mendengarkan

3. Aktifkan mode pesawat untuk mengurangi radiasi

Gunakan mode pesawat saat tidur. (Foto: Unsplash/blocks)
Gunakan mode pesawat saat tidur. (Foto: Unsplash/blocks)

Cara ini salah satu yang bisa mengatasi atau setidaknya bisa meminimalisir dari radiasi ponsel yang tidak baik bagi manusia. Biasanya kalau sebelum tidur, sebagian orang ada yang bermain ponsel terlebih dahulu. Ketika sudah ngantuk, langsung menaruh ponsel nya di samping bantal. Padahal menaruh ponsel dalam jarak yang dekat ketika sedang tidur sangat berbahaya. Karena di setiap ponsel pasti memiliki radiasi, walaupun memiliki tingkat radiasi yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, cara ini bisa sangat membantu. Karena dengan mengaktifkan mode pesawat, tidak ada sinyal yang bisa diterima dan aplikasi pada ponsel pun tidak ada yang aktif, bahkan sampai aplikasi di belakang layar.

4. Mematikan aplikasi yang diinginkan

Mematikan paksa salah satu aplikasi. (Foto: Unsplash/Christian Wiediger)
Mematikan paksa salah satu aplikasi. (Foto: Unsplash/Christian Wiediger)

Cara yang satu ini biasanya dilakukan saat ingin tetap bermain ponsel, tetapi tidak mau ada notifikasi masuk dari salah satu aplikasi. Misalnya seperti tetap ingin bermain Instagram, namun tidak mau mendapat notifikasi dari WhatsApp.

Cara ini sangat simple dan membantu ketika ingin menjauh dari salah satu aplikasi, namun aplikasi lainnya masih online. Pengguna ponsel hanya harus pergi ke menu Setting – Aplikasi - Kelola Aplikasi - (Pilih aplikasinya) - Paksa henti. Namun perlu diingat, bahwa setiap ponsel memiliki sedikit perbedaan langkah-langkahnya. (frs)

Baca juga:

Cak Lontong Berbagi Tips Mendidik Anak untuk Ibu dan Dosen

#Desember Akal-Akalan Negeri Aing #Tips
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan