Lidah Buaya, Si Pencahar Alami. Ini Caranya... Lidah buaya. (Foto: Pixabay)

SEMBELIT bikin puyeng tujuh keliling. Perut jadi mengeras serta terasa penuh dan begah. Yang lebih memusingkan, bila sembelit sudah sampai memicu munculnya jerawat.

Saat konsultasi masalah jerawat dengan dr Tina Wardhani Wisesa, pertanyaan pertama yang diajukan spesialis kulit dan kelamin ini ialah apakah buang air besar alias BAB rutin setiap hari.

Rupanya, menurut spesialis kulit yang juga dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini, BAB tidak rutin atau sembelit memang bisa memicu jerawat.

Sembelit bisa menyerang siapa pun. Anak-anak hingga dewasa. Tak usah panik bila terkena sembelit. Tak perlu pula mengedan 'mati-matian' untuk mengatasinya.

Banyak bahan makanan dan minuman yang bisa mengusir sembelit. Salah satunya, lidah buaya. Beberapa orang telah mencoba menghilangkan sembelit dengan mengonsumsi lidah buaya. Dan mengaku hasilnya tokcer.

Ingin mencobanya? Begini caranya. Siapkan satu potong lidah buaya. Anda bisa menanamnya di pekarangan rumah atau membelinya dari supermarket. Saat ini sudah banyak supermarket besar yang menjual lidah buaya.

Setelah itu, kupas kulitnya. Lalu potong-potong. Cuci bersih hingga lendirnya hilang. Anda bisa menjusnya atau memakannya mentah-mentah. Perlu diingat, bagian berbahaya dari lidah buaya adalah latex. Bentuknya gel berwarna kuning kecokelatan dan terdapat pada sisi dalam daun. Anda akan menemukannya saat kulit dikupas.

Jika ingin mengonsumsi dalam bentuk jus, campur 2 sendok teh jus lidah buaya dengan 1 gelas air. Konsumsi secara teratur di pagi hari. Selain itu, Anda juga bisa mencoba cara ini.

Potong lidah buaya sepanjang tiga ruas jari. Kupas, potong-potong. Cuci bersih. Santap lah di malam hari dan pagi hari. Baik jus maupun lidah buaya potong dapat membantu mengatasi sembelit sekaligus mendetoksifikasi sistem pencernaan tubuh.

Namun, perlu diingat. Lidah buaya sebaiknya tidak dikonsumsi penderita gangguan ginjal, diabetes, jantung, dan tiroid. Lidah buaya juga tidak disarankan untuk pemakaian rutin setiap hari. Pemakaian melebihi 1 gram per hari secara rutin juga bisa menimbulkan gangguan kesehatan dan membuat Anda jadi kecanduan memakainya sebagai pencahar.

Selamat mencoba! (*)

Simak pula artikel Sia-Sia Cuci Muka Jika Punya Kebiasaan Seperti Ini.

Kredit : rina


Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH