Liburan Sembari Menjaga Lingkungan, Tetap Bisa Kok Meski liburan tetap bantu menjaga lingkungan. (Foto: Coural Care)

MERAWAT lingkungan bisa dilakukan oleh siapapun dengan berbagai cara, bahkan saat kita ingin pergi berlibur ke suatu tempat. Momen liburan tampaknya menjadi waktu yang tepat untuk rehat sejenak dari urusan pekerjaan. Namun, disitu pula terkadang kita secara tidak sengaja merusak lingkungan, seperti membuang sampah sembarangan.

Baca juga:

Demi Menjaga Lingkungan, Gal Gadot Tak Pakai Jet Pribadi Lagi

Tanpa disadari, meskipun liburan, kita juga bisa lho untuk tetap ramah lingkungan. Penasaran bagaimana caranya? Berikut Merahputih.com telah merangkum lima cara yang bisa kamu lakukan saat liburan untuk tetap ramah lingkungan.

1. Usahakan jangan mencetak apapun

Usahakan jangan mencetak apapun
Cukup tunjukkan bukti tiket melalui surat elektronik. (Foto: Unsplash/Nicole Geri)

Kamu berencana pergi ke luar kota menggunakan pesawat? Atau kereta api? Sudah pasti menggunakan tiket agar bisa mengakses transportasi tersebut. Cara yang bisa kamu lakukan adalah sebisa mungkin untuk tidak mencetak bukti pemesanan dengan kertas.

Di zaman modern ini, kamu cukup menunjukkan bukti pemesanan lewati surat elektronik saja. Jika memang perlu dicetak, usahakan menggunakan kertas bekas yang baru terpakai satu sisinya. Sebab, satu kertas tiket sangat mempengaruhi lingkungan. Bayangkan jika jutaan orang melakukan hal ini. Bukan main!

2. Beli baju bekas atau menyewa

Beli baju bekas atau menyewa
Selain ramah lingkungan, kamu juga jauh lebih hemat biaya. (Foto: Unsplash/Artificial Photography)

Enggak perlu gengsi, kita bisa mengurangi produksi kain dengan membeli baju bekas, lho! Sudah banyak toko online yang menjual pakaian bekas atau second hand yang murah namun tetap menarik. Selain ramah lingkungan, kamu juga jauh lebih hemat.

Buat kamu yang merasa tidak level membeli baju bekas, jangan khawatir. Kamu bisa memilih alternatif untuk menyewa pakaian. Sedikit lebih ribet, sih, tapi banyak pilihan yang bisa kamu sewa tanpa harus keluar banyak uang.

Baca juga:

Billie Eilish Bagikan Tiket Konser Gratis untuk Mereka yang Peduli Lingkungan

3. Pilih pakaian yang bisa didaur ulang

Pilih pakaian yang bisa didaur ulang
Pilih pakaian dengan label daur ulang. (Foto: Twitter/@EthicalHour)

Jika kamu ingin membeli baju untuk liburan nanti, pilihlah baju yang bisa didaur ulang dan ramah lingkugan. Biasanya, baju tersebut memiliki label seperti recyclable, organik, dan eco-friendly. Enggak perlu takut, model pakaiannya juga tidak kalah menarik dari biasanya. Jadi, dijamin deh ramah lingkungan!

4. Gunakan tisu seperlunya

Gunakan tisu seperlunya
Gunakan tisu seperlunya. (Foto: Unsplash/Brittany Colette)

Tisu menjadi salah satu barang yang wajib dibawa ketika berlibur. Sebab, kita tidak tahu apa yang terjadi nanti. Seperti mengelap air minum yang tumpah, membersihkan kotoran, atau membuang kotoran hidung.

Tisu boleh digunakan, tapi harus irit ketika mengambilnya. Akan lebih baik lagi jika kamu membawa handuk kecil atau sapu tangan kemanapun.

5. Bawa tas daur ulang

Bawa tas daur ulang
Reusable bag pengganti kantong plastik saat berbelanja. (Foto: Sydney Morning Herald)

Tidak abdol rasanya pergi ke suatu tempat tapi tidak berbelanja. Untuk itu, daripada menggunakan plastik sebagi kantongnya, kamu bisa membawa reusable bag saat berbelanja. Selain jauh lebih elegan, secara tidak langsung kamu sudah menjadi bagian dari penyelemat lingkungan. (And)

Baca juga:

Sampo Batangan, Gaya Hidup Baru untuk Lestarikan Lingkungan



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH