Wujudkan Impian Liburan ke Luar Negeri, ini Tipsnya Menara Eiffel di Paris destinasi wisata dunia. (Foto: Pixaba/summer_kwak)

LIBURAN ke luar negeri menjadi impian setiap traveler. Setelah mengelilingi Indonesia dengan segala keindahannya, jalan ke luar negeri tentu menambah seru pengalaman petualangan kamu.

Bagi sebagian orang, jalan-jalan ke luar negeri terasa sangat sulit terwujud? Mulai dari keuangan, waktu, hingga soal adminsitrasi menjadi kendala sehingga mimpi itu semakin jauh dari nyata.

Sebenarnya tidak sulit untuk mewujudkan liburan impian kamu asalkan ada niat dan perencanaan yang matang untuk benar-benar pergi melancong ke belahan bumi lainnya. Terkadang hanya dirimu yang merasa tidak mampu dan malas untuk merencanakan liburan tersebut.

Berikut Merahputih.com berikan 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan mimpi untuk pergi menjejakkan kaki keliling tanah Indonesia tercinta atau bahkan keliling dunia, seperti dilansir iStyle.


1. Rencanakan Keberangkatan Satu Tahun Sebelumnya

Kota Yunani kuno Ephesus. (Foto: Pixabay/Tivistar)
Kota Yunani kuno Ephesus. (Foto: Pixabay/Tivistar)

Bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu luang karena kesibukan di tempat kerja, atau tidak memiliki dana khusus yang bisa dialokasikan untuk pergi berlibur secara mendadak, ada baiknya kamu merancang kegiatan liburan kamu sejak jauh-jauh hari.

Pertama, tentukan kapan kamu harus ambil cuti di tempat kerja dan menyelesaikan pekerjaan kamu sebelum waktu liburan tiba. Ambilah kalender, tandai hari libur yang bisa dilanjutkan dengan cuti, dan tentukan target pekerjaan yang harus selesai.

Dalam satu tahun, pastinya kamu bisa melihat ada beberapa celah untuk mengambil waktu libur. Tentukanlah tanggal dan bulannya setidaknya satu atau dua kali dalam setahun kamu bisa mengambil 'jatah' untuk traveling.


2. Siapkan Administrasi & Akomodasi Jauh-Jauh Hari

Pemandangan pegunungan di Italia. (Foto: Pixabay/kordi_vahle)
Pemandangan pegunungan di Italia. (Foto: Pixabay/kordi_vahle)


Jika berencana untuk berlibur ke negara lain, kamu bisa menyiapkan waktu dan bujet untuk membuat paspor. Membuat paspor juga harus direncanakan karena biasanya memakan waktu untuk mengantri secara daring. Biaya administrasi paspor cukup terjangkau, sekitar Rp 350 ribu untuk paspor biasa dan Rp 650 ribu untuk pembuatan e-paspor.

Selain menyiapkan kelengkapan adiministrasi, seperti paspor, kamu juga bisa mengestimasi biaya pembuatan visa, jika memang akan berkunjung ke negara yang membutuhkan visa untuk berkunjung.

Bagaimana untuk hotel dan tiket pesawat?

Ini enaknya kalau kamu sudah memiliki estimasi tanggal dan bulan keberangkatan untuk liburan. Kamu bisa mencari tiket pesawat dengan harga promo atau lebih murah, termasuk hotel atau penyewaan tempat tinggal yang lebih terjangkau ketimbang memesan secara mendadak atau dalam waktu dekat.

Tiket pesawat dan penginapan juga bisa kamu beli dengan 'mencicil'. Misalkan bulan pertama kamu membeli tiket keberangkatan, bulan kedua kita membeli tiket pulang, dan bulan ketiga bisa mencari dan membayar harga penginapan.

Tak usah ragu untuk membeli tiket karena sekarang tiket perjalananmu bisa dibeli secara daring atau bahkan kamu bisa membayarnya di minimarket sambil jajan.


3. Atur Bujet dan Menabunglah

Gorome kota wisata sejarah di Turki. (Foto: Pixabay/Hans)
Gorome kota wisata sejarah di Turki. (Foto: Pixabay/Hans)

Setelah memiliki tanggal keberangkatan dan tiket pulang pergi, saatnya kamu mengatur bujet akomodasi selama di perjalanan nanti. Biasanya budget ini termasuk konsumsi, transportasi, dan mungkin untuk membeli oleh-oleh.

Rajin-rajinlah mencari informasi. Biasanya para travel blogger dengan senang hati memberikan itenerary liburan mereka secara cuma-cuma di blog, termasuk destinasi wisata dan berbagai biaya serta pengeluaran selama di perjalanan.

Jika kamu kesulitan memiliki dana khusus untuk traveling, menabunglah. Buatlah rekening khusus untuk menabung setiap bulannya, dan tentunya harus konsisten. Ingat kata pepatah, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH