Liburan Hemat dan Menyenangkan Traveling tak melulu tentang memboroskan uang. (Foto: Pexels/bruce mars)

SALAH satu hal yang direncanakan saat hendak berlibur adalah anggaran. Liburan artinya mengeluarkan biaya ekstra untuk berbagai keperluan di destinasi. Liburan tak selalu identik dengan pemborosan loh. Jika kita cermat, melancong bisa dilakukan dengan biaya seminimal mungkin. Berikut beberapa cara yang harus dilakukan supaya liburan tak mengeluarkan banyak uang:

Buatlah Anggaran

list
Buatlah anggaran penge;uaran. (Foto: Pexels/Startup Stock Photos)

Sebelum pergi berlibur, buatlah perkiraan anggaran. Anggaran tersebut mencakup makan, menginap, ongkos jalan-jalan, uang untuk suvenir dan lain-lain. Membuat anggaran sebelum pergi membuat pengeluaran kita lebih terarah dan terhindar dari pemborosan. Selanjutnya, cobalah untuk berpegang pada daftar acuan tersebut.

Jangan Makan di Sekitar Area Pariwisata

kuliner
Hindarilah makan di kawasan wisata yang cenderung lebih mahal. (Foto: Pexels/suzukii xingfu)

Para pedagang makanan yang ada di sekitar area pariwisata cenderung menjual makanan dengan harga tinggi. Mereka bisa menjual makanan atau minuman dengan harga dua kali lipat dibandingkan dengan penjual makanan yang ada di luar area pariwisata. Mereka berpikir, orang-orang yang ada di sekitar sana pastilah seorang turis dan membawa banyak uang. Supaya pengeluaran untuk makanan tak membengkak, belilah makanan di luar area pariwisata. Dengan demikian kita bisa mendapatkan makanan dengan harga yang wajar.

Tentukan Penginapan

penginapan
Hotel harus memiliki kemudahan akses ke bandara. (Foto: Pexels/Gratisography)

Penginapan merupakan aspek penting untuk menentukan anggaran liburan kita. Untuk menentukan penginapan ada beberapa hal yang harus kita pertimbangkan. Hal pertama yakni pilihlah penginapan dengan akses paling mudah. Carilah penginapan yang dekat destinasi wisata atau memiliki akses kendaraan umum paling mudah. Jika memungkinkan pilih penginapan yang memberi fasilitas lemari pendingin. Di lemari pendingin kita bisa menyetok sejumlah bahan makanan dan minuman sehingga pengeluaran biaya untuk makan lebih kecil.

Sewa Apartemen Jika Tak Berlibur Sendiri

penginapan
Pilihlah apartemen bila berlibur dalam grup. (Foto: Pexel/Tim Savage)

Apakah kau berlibur dengan teman atau keluarga? Jika iya, sebaiknya kau menyewa apartemen dibandingkan kamar hotel. Jika peserta liburan lebih dari 2 orang, kau harus mengeluarkan biaya lebih untuk kasur ekstra. Kau juga harus membayar dua kali lipat jika membuka dua kamar. Dengan perbandingan harga yang tak terlalu jauh, kau bisa mendapatkan kamar ekstra buat anggota keluarga atau teman yang ikut berlibur. Apartemen juga biasanya dilengkapi dengan ruang tamu dan dapur sehingga memungkinkan kita untuk memasak. Kita pun bisa memasak sendiri makanan kita daripada membeli di rumah makan.

Pilih Destinasi Wisata Gratis

wisata
Gua Batu Kapal di Solok Selatan yang murah tiket masuknya. (Foto: instagram@humas_solsel)

Daerah yang ada diberbagai pelosok Indonesia pasti memiliki satu atau dua destinasi wisata yang tak berbayar. Tempat-tempat yang menawarkan gratis biasanya tempat wisata alam. Kalaupun harus bayar pilihlah tempat wisata dengan biaya terjangkau. Biaya yang harus dikeluarkan untuk tempat wisata seperti museum atau wisata alam berkisar Rp5000-Rp10.000.

Bawa Makan dan Minum Saat Jalan-Jalan

botol air
Bawalah air dalam botol kalau berjalan-jalan. (Foto: Pexels/Chanaka Madushan Sugathadasa)

Sebelum jalan-jalan bawalah cemilan dan minuman di tas. Makanan dan minuman tersebut bisa sewaktu-waktu kita konsumsi saat di jalan. Kita tak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membeli makanan. Selain menghemat uang membawa makanan dan minuman sendiri saat berlibur juga menghemat waktu.

Belanja di Minimarket

sayur buah
Balanja bahan makanan untuk dimasak sendiri. (Foto: Pexels/Stokpic)

Luangkan waktu untuk membeli berbagai bahan makanan di minimarket. Kini minimarket tak hanya menawarkan makanan kemasan tetapi juga bahan-bahan makanan sehari-hari seperti telur, tepung, sayuran hingga buah-buahan. Perlihatkan kemampuan memasakmu saat berlibur. Apabila kau pandai memasak, makanan yang kau buat bisa jadi jauh lebih sedap dibandingkan masakan restoran. Harganya pun jauh lebih murah. Supaya tetap segar barang-barang tersebut bisa kita simpan di lemari pendingin yang ada di hotel.

Beli Makanan di Kaki Lima

sate
Jangan makan di restoran, kaki lima lebih seru. (Foto: Pixabay/blazejosh)

Bagi kalian pecinta wisata kuliner, mencicipi kuliner kekinian di lokasi wisata bisa menjadi pilihan tepat dan menyenangkan. Kuliner tak harus selalu dilakukan di restoran loh. Pecinta wisata kuliner juga bisa menjelajah makanan kaki lima yang ada di sana mulai dari angkringan, pecel lele, dan lain sebagainya. Jika beruntung kau bisa mendapatkan makanan lezat dengan harga murah. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH