Libur Panjang Pemilu 2019, PT KAI Operasikan 11 Kereta Tambahan

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Selasa, 16 April 2019
Libur Panjang Pemilu 2019, PT KAI Operasikan 11 Kereta Tambahan
Ilustrasi kereta express (Foto: MP/Yohanes Charles)

MerahPutih.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP 1 Jakarta mengoperasikan 11 KA tambahan pada libur panjang pada Pemilihan Umum (Pemuli) serentak, Peringatan Isa Almasih, dan libur Sabtu-Minggu.

Kahumas PT KAI Daop 1, Eva Chairunisa mengatakan, long weekend itu dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur ke luar kota menggunakan moda transportasi, salah satunya KA.

"Trend kenaikan jumlah penumpang, terutama di saat long weekend diantisipasi PT KAI Daop 1 Jakarta dengan mengoperasikan 11 KA Tambahan," kata Eva melalui keterangan tertulis yang diterima merahputih.com, Selasa (16/4).

Kereta Api milik PT KAI (Foto: Instagram/keretaapikita)
Kereta Api milik PT KAI (Foto: Instagram/keretaapikita)

Eva menuturkan, ada sebanyak 5.512 tempat duduk maksimal per hari yang ditambahkan untuk melayani para pengguna jasa KA.

Dari 11 KA Tambahan yang dioperasikan 8 KA diberangkatkan dari Stasiun Gambir, dan 3 KA diberangkatkan dari Stasiun Pasarsenen dengan tujuan Bandung, Cirebon, Kutoarjo, Yogyakarta, dan Solo.

Sedangkan untuk KA reguler, per harinya telah disediakan total 34.804 seat, dari 58 KA keberangkatan baik dari Stasiun Gambir dan Pasarsenen.

"Ada 32 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir dengan 15.286 seat yang disediakan. Sedangkan dari Stasiun Pasarsenen ada 26 KA dengan 19.518 seat yang disediakan," jelasnya.

Kata dia, tingkat keterisian tempat duduk di kedua stasiun mulai antara tanggal 15 sampai dengan 21 April mencapai 76 persen. Dimana pada tanggal 16-18 April sudah melebihi 90 persen. Sementara untuk tanggal 19 April tersisa sekitar 20 persen dari total tempat duduk yang disediakan.

Adapun pembelian tiket melalui loket di Stasiun masih dapat dilakukan hingga 30 menit sebelum waktu keberangkatan kereta jika tiket masih tersedia.

"Kita mengimbau untuk memudahkan pembelian tiket yang dapat diakses dimanapun masyarakat dapat melakukan pembelian melalui aplikasi KAI Access, website: kai.id, Call Center 121 serta channel eksternal resmi lainnya yang telah bekerjasama dengan PT KAI," tutupnya (Asp)

Baca Juga: PT KAI Luncurkan KA Pangandaran Jakarta-Banjar, Tarif Promo Rp 1

#PT KAI #Libur Panjang #Pemilu 2019
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan