Libur Panjang, Objek Wisata Candi Cetho di Karanganyar Diserbu Pengunjung

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 30 Oktober 2020
Libur Panjang, Objek Wisata Candi Cetho di Karanganyar Diserbu Pengunjung
Objek wisata Lawu Park di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dipadati pengunjung, Jumat (30/10). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Libur panjang selama lima hari akhir Oktober ini dimanfaatkan warga untuk berlibur di tempat wisata di kawasan Soloraya, Jawa Tengah.

Lokasi wisata yang dipadati pengunjung di antaranya wisata alam Tawangmanggu di lereng Gunung Lawu dan Candi Cetho di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar.

Koordinator Lapangan Bidang Destinasi Disparpora Kabupaten Karanganyar Sunardi mengatakan, ada peningkatan jumlah pengunjung di objek wisata di wilayah Karanganyar pada libur panjang cuti bersama dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Wisata yang diminati para pendatang dari luar kota adalah Candi Cetho.

Baca Juga:

Polri Siagakan 160.916 Personel Amankan Puncak Arus Balik Libur Panjang

"Pengunjung Candi Cetho dari data kami di lapangan mengalami peningkatan sekitar 25 sampai 30 persen di musim libur panjang akhir Oktober 2020 ini," ujar Sunardi, Jumat (30/10).

Ia mengatakan pada hari pertama libur atau Rabu (28/10) tercatat ada 312 orang. Padahal, pad hari biasanya pengunjung Candi Cetho hanya puluhan orang. Jumlah tersebut naik pada hari Kamis (29/10) sekitar 500 orang.

"Jika kami bandingkan hari biasa ada peningkatan 25 hingga 30 persen. Sempat terjadi hujan pada hari pertama libur panjang, tetapi tidak menghalangi warga berlibur di Candi Cetho," kata dia.

Wisatawan menikmati objek wisata Candi Cetho, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (30/10). (MP/Ismail)
Wisatawan menikmati objek wisata Candi Cetho, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (30/10). (MP/Ismail)

Ia optimistis pada hari Sabtu dan Minggu akhir pekan ini jumlah pengunjung bisa menembus angka 1.000 pengunjung. Hal tersebut dapat mengacu dari data pegunjung pada hari biasa pada akhir pekan pengunjung Candi Cetho mencapai sekira 300 orang saat Sabtu dan 700 orang saat Minggu.

"Sesuai aturan pemerintah, pengunjung di Candi Cetho wajib mentaati protokol kesehatan guna mencegah potensi penyebaran COVID-19. Kami kerahkan petugas untuk memantau wisatawan," tutur dia.

Baca Juga:

Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Momen Libur Panjang Menurun

Di loket masuk Candi Cetho, kata dia, ada petugas yang mengecek suhu tubuh para pengunjung. Fasilitas cuci tangan sudah disediakan di kawasan Candi Cetho.

"Pengunjung wajib pakai masker. Kami juga memanfaatkan pengeras suara untuk menginatkan warga aga mematuhi protokol kesehatan," tandasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

509 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta saat Libur Panjang

Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan