Libur Panjang, Kendaraan Masuk Tol Solo-Ngawi Naik 143 Persen

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 29 Oktober 2020
Libur Panjang, Kendaraan Masuk Tol Solo-Ngawi Naik 143 Persen
Pemeriksaan COVID-19 di Tol Ngawi. (Foto: MP/Ismail).

MerahPutih.com - PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) mencatat adanya kenaikan 143 persen kendaraan yang masuk jalan tol Solo-Ngawi pada libur panjang cuti bersama dan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Sebagian besar kendaraan yang melintas dari Semarang menuju Ngawi paling mendominasi di jalan tol Solo-Ngawi.

"Catatan petugas kami di lapangan jumlah arus kendaraan yang melintas di ruas jalan tol Solo-Ngawi mengalami peningkatan saat libur panjang akhir Oktober," ujar Manajer Operasi PT Jasamarga Solo-Ngawi (JSN), Imam Zarkasih, Kamis (29/10).

Peningkatan jumlah kendaraan di ruas jalan tol Solo-Ngawi mulai nampak sejak Selasa (27/10). Kenaikan hampir merata baik kendaraan yang melaju dari arah Jakarta-Semarang menuju Ngawi atau sebaliknya.

Baca Juga:

Wisatawan di Puncak Bogor Jalani Tes COVID-19

"Peningkatan kendaraan masuk jalan tol Solo-Ngawi pada Rabu kemarin naik 100 persen. Kemudian pada hari ini (Kamis) naik 143 persen," papar dia.

Data pada Rabu,arus kendaraan dari barat ke timur tercatat sebanyak 13.927 kendaraan. Sedangkan dari arah timur ke barat 13.773. Sementara itu, jumlah arus kendaraan yang melintas di hari normal sekitar 11.408 kendaraan.

Gerbang Tol
Gerbang Tol. (Foto: MP/Ismail).

"Kami menyiapkan sejumlah antisipasi menghadapi lonjakan arus kendaraan dengan menambah gardu transaksi. Kemudian pintu keluar menjadi delapan. Terakhir pintu masuk yang awalnya tiga menjadi lima," tutup Imam.

Ia menambahkan, penerapan protokol kesehatan di rest area sepanjang ruas jalan tol Solo-Ngawi tetap dilakukan, termasuk pembatasan jumlah kendaraan masuk di rest area. Hal itu dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19.

"Rest area kami batasi 50 persen dari total kapasitas tersedia 300 kendaraan. Jika rest area penuh diminta berhenti di rest area berikutnya," pungkasnya. (Ismail/Jawa Tengah).

Baca Juga:

Libur Panjang, 336 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta

#Cuti Bersama #Libur Panjang #Tarif Jalan Tol
Bagikan
Bagikan