Libur Panjang di Akhir Oktober, Masyarakat Diminta Batasi Acara Keluarga

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 20 Oktober 2020
Libur Panjang di Akhir Oktober, Masyarakat Diminta Batasi Acara Keluarga
Ilustrasi berwisata. (Foto: Teresa Ika).

MerahPutih.com - Akhir Oktober ini, akan diisi libur yang cukup panjang. Pemerintah mengimbau masyarakat untuk membatasi acara-acara keluarga. Hal ini karena banyak kasus terpapar COVID-19 karena pertemuan keluarga.

"Kami sangat berharap kerja sama dari semua komponen, sampai dengan pelaksanaan libur panjang yang akan datang, untuk senantiasa menyampaikan pesan liburan aman nyaman tanpa kerumunan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Doni Monardo

Ia mengatakan pemerintah tidak melarang warga mengisi libur panjang dengan liburan atau berwisata, namun waspada terhadap penularan COVID-19 saat libur panjang.

Baca Juga:

Jabar Siap-siap Sambut Vaksinasi COVID-19 Gelombang I

"Liburan yang aman dan nyaman itu penting, tapi juga harus disadari bahwa liburan itu bisa menimbulkan masalah kesehatan apabila tidak mematuhi (protokol kesehatan)," katanya.

Pemerintah, kata ia, telah menerapkan sejumlah langkah dalam menghapi libur pajang. Pertama, Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 telah menginstruksikan sejumlah pengelola tempat wisata alam agar maksimal pengunjung hanya 50 persen kapasitas maksimum tempat tersebut.

Kepala BNPB Doni Monardo
Kepala BNPB Doni Monardo. (Foto Antara).

Kedua, Satgas COVID-19 meminta aparat daerah khususnya Satuan Polisi Pamong Praja, serta aparat TNI/ Polri di daerah agar mengawasi pelaksanaan instruksi tersebut.

Ketiga, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) akan mengumpulkan para Gubernur, termasuk Bupati/ Wali Kota melalui webinar, dalam rangka menyampaikan sejumlah prosedur operasional standar yang terkait dengan masalah upaya mitigasi menghadapi libur panjang.

Keempat, selama sebelum pelaksanaan libur cuti bersama, Satgas COVID-19 telah mengimbau masyarakat untuk bisa meluangkan waktu melakukan kegiatan merawat alam dan kelima pemerintah mengimbau masyarakat untuk membatasi acara-acara keluarga.

Baca Juga:

PMI Solo Sediakan Plasma Konvalesen, 9 Orang Dinyatakan Sembuh dari COVID-19

#Libur Panjang #COVID-19 #Cuti Bersama
Bagikan
Bagikan