Libur Nyepi Objek Wisata Pelabuhan Ratu Sepi Pengunjung

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 27 Maret 2017
Libur Nyepi Objek Wisata Pelabuhan Ratu Sepi Pengunjung
Pantai Cibangban, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. (Foto: Instagram/@tresnadwik)

Objek wisata laut selatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada libur Hari Raya Nyepi masih sepi dari wisatawan atau pengunjung yang datang baik dari maupun luar Sukabumi.

"Objek-objek wisata di Palabuhan Ratu mulai dari Citepus, Kecamatan Palabuhan Ratu hingga Cibangban, Kecamatan Cisolok hanya terlihat beberapa wisatawan saja, bahkan jumlahnya lebih banyak saat libur akhir pekan," kata Seketaris Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Sukabumi, Yanyan Nuryanto di Sukabumi, Senin (27/3).

Menurutnya, sepinya pengunjung ini karena pemerintah tidak menetapkan cuti bersama sehingga baik pelajar maupun karyawan masih tetap beraktivitas seperti biasa. Namun belum diketahui apakah pada malam hari wisatawan yang datang akan bertambah atau tidak.

Tapi, informasi dari pengelola penginapan saat ini 50 persen kamar sudah terpesan. Ini kemungkinan wisatawan datang setelah selesai bekerja atau sekolah. Sehingga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pihaknya meningkatkan pengamanan di area wisata, khususnya pantai.

"Untuk sekarang wisatawan yang datang masih didominasi warga Sukabumi, walaupun sudah terlihat kendaraan berplat Jakarta dan daerah lainnya parkir di hotel dan objek wisata," tambahnya.

Di sisi lain, Yanyan mengatakan adanya pengurangan jumlah wisatawan ini kemungkinan disebabkan akses jalan menuju Pelabuhan Ratu yang rusak belum lagi jika dari arah Jakarta atau Bogor kerap terjadi kemacetan.

Maka dari itu, pihak meminta kepada pemerintah terkait untuk segera memperbaiki jalan yang rusak tersebut karena tempat wisata Pelabuhan Ratu ini merupakan salah satu andalan Pemkab Sukabumi apalagi sudah masuk dalam kawasan Geopark.

Sementara, salah seorang wisatawan asal Cianjur Kinan Putriningsih mengatakan rencananya ia akan berlibur di Palabuhan Ratu hanya sehari saja dan pulang pada Selasa, (28/3) siang karena pada hari esoknya sudah kembali bekerja.

"Saya baru sampai ke sini bersama rekan-rekan, kebetulan tempat bekerja kami masuknya hanya setengah hari," katanya.

Sumber: ANTARA

Baca juga berita terkait tempat wisata di: Pulau Biak, Tempat Wisata Favorit Sisa-Sisa Perang Dunia II

#Hari Raya Nyepi #Wisata #Pantai Pelabuhan Ratu
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan