Libur Nataru, Penumpang Bandara YIA Diprediksi Naik 30 Persen

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 17 Desember 2020
Libur Nataru, Penumpang Bandara YIA Diprediksi Naik 30 Persen
Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Foto: MP/Teresa Ika

MerahPutih.com - PT Angkasa Pura I (Persero) memprediksi penumpang Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada libur Natal dan Tahun Baru 2021 akan mengalami kenaikan sampai 30 persen.

Oleh karena itu, AP 1 sudah menyiapkan sejumlah langkah untuk mengatur penumpang agar tidak menimbulkan kerumunan dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga

Pemerintah Lanjutkan Pembangunan 11 Kawasan Lintas Batas Negara

"Prediksi peningkatan ini bukan dari kondisi normal melainkan berkaca pada liburan panjang Maulid Nabi kemarin," kata Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager YIA, Taochid Purnama Hadi saat membuka posko keamanan di bandara YIA, Kamis (17/12).

Ia melanjutkan, jumlah penumpang di YIA saat ini berkisar berkisar 8.000 orang per hari. Pihaknya memperkirakan jumlah pelanggan saat moment Nataru bisa mencapai 10.000 orang.

Sementara, jumlah penerbangan rata-rata 50 penerbangan per hari. Jumlah ini diprediksi meningkat sampai 65 penerbangan per hari saat liburan akhir tahun 2020.

"Rute favorit tetap dari dan ke Jakarta," ujar Taochid.

Pemeriksaan suhu tubuh penumpang di Bandara Yogyakarta. (Foto: MP/Teresa Ika)

Taochid melanjutkan, baru satu maskapai yang mengajukan tambahan slot penerbangan yakni Air Asia dengan enam penerbangan.

Lonjakan penumpang diprediksi mulai terjadi pada H-1 libur Nataru atau 23 Desember 2020. Sementara untuk arus balik diperkirakan terjadi peningkatan pada H+3 atau 4 Januari 2021.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, AP 1 membuka posko Natal Tahun Baru nataru 2020 mulai 18 Desember hingga 4 Januari di Bandara YIA.

Para petugas diposko akan berjaga untuk menegakkan protokol kesehatan bagi para penumpang di antaranya mengatur jarak antrian penumpang dan mencegah terjadinya kerumunan. Petugas juga akan memeriksa suhu tubuh penumpang dan mengingatkan penumpang mengenakan masker.

Terkait persyaratan rapid antigen, Taochid menjelaskan pihaknya masih menunggu instruksi dari Kemenhub. Lantaran Pemda DIY tidak mensyaratkan rapid test antigen. (Teresa Ika/Yogyakarta)

Baca Juga

Lagu Seru untuk Rayakan Keberhasilan Survive di Masa Pandemi

#Bandara Kulon Progo #Libur Natal Dan Tahun Baru
Bagikan
Bagikan