Libur Natal dan Tahun Baru, Penumpang Dua Bandara di Yogyakarta Diprediksi Naik (GM) Bandara Yogyakarta Agus Pandu Purnama di Yogyakarta, Kamis (19/12).(MP/Teresa Ika)

MerahPutih.Com - Daerah Istimewa Yogyakarta masih menjadi destinasi favorit para pelancong menghabiskan akhir tahun. Jumlah penumpang di dua bandara di Yogyakarta diprediksi naik lima persen saat masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2020.

Angkasa Pura 1 selaku pengelola kedua bandara memperkirakan jumlah penumpang dibandara Adisutjipto mencapai 21.500 orang per hari. Dihari normal jumlah penumpang di bandara ini berkisar 19 ribu orang per hari.

Baca Juga:

Berikut Lokasi SPBU di Yogyakarta yang Buka 24 Jam Selama Natal dan Tahun Baru

"Kalau di Yogyakarta International Airport (YIA ) diprediksi naik 5 persen menjadi 2 ribu penumpang dari biasanya 1900 penumpang," ujar General Manager (GM) Bandara Yogyakarta Agus Pandu Purnama di Yogyakarta, Kamis (19/12).

Ia memperkirakan puncak keramaian berada tanggal 24 dan 31 Desember. Sementara puncak arus balik tanggal 2 Januari 2020.

Kondisi Bandara Adi Sutjipto jelang Natal dan Tahun Baru
Kondisi bandara Adisutjipto Yogyakarta (MP/Teresa Ika)

Ia melanjutkan setidaknya ada 32 ekstra flight yang akan beroperational selama masa angkutan nataru 2019. Ekstra flight ini sebagian besar menuju kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Indonesia Timur.

Jumlahnya ekstra flight ini menurun dibandingkan tahun lalu yang sebanyak 50 pergerakan. Selama momen libur akhir tahun jam operasional Bandara YIA akan diperpanjang hingga pukul 21.00 WIB.

Demi melayani dan menjamin keselamatan penumpang, Ap 1 menyiagakan ratusan petugas dan membuka posko angkutan Natal dan tahun baru. AP 1 menggandeng Dinas perhubungan dan kepolisian untuk mengatur kelancaran arus lalu lintas yang keluar masuk di dua Bandara.

AP 1 turut akan menambah transportasi umum dari dan menuju bandara YIA diantaranra Damri dan shuttel bus.

"Taksi pelat kuning ditambah jadi 44 buah. Ada juga angkutan sewa khusus plat hitam berjumlah 20 unit. Jadi penumpang yang bernagkat dan turun di YIA tidak perlu khawatir," kata dia.

Baca Juga:

Catat! Event Seru Perayaan Natal dan Tahun Baru di Yogyakarta

Pandu mengimbau penumpang untuk tiba di bandara paling lambat satu jam sebelum keberangkatan. Penumpang juga diminta untuk memperhatikan dengan cermat lokasi bandara di tiket pesawat. Hal ini untuk mengantisipasi kesalahan tempat.

"Kalau kode ADS itu bandara Adisutjipto di daerah Maguwoharjo Kabupaten Sleman. Sementara kode YIA itu bandara Yogyakarta international di kabupaten Temon Kulon Progo," pungkasnya.

Berdasarkan data AP 1 Yogyakarta, jumlah penumpang dari pintu Keberangkatan dan dan Kedatangan Bandara Adisutjipto Yogyakarta pada Nataru 2018 mencapai 415,416 orang.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Baca Juga:

Libur Nataru Konsumsi Solar di Jawa Tengah dan Yogyakarta Diprediksi Turun



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH