Libur Natal dan Tahun Baru, DAMRI Siapkan 1,6 Juta Kursi

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 14 Desember 2022
Libur Natal dan Tahun Baru, DAMRI Siapkan 1,6 Juta Kursi
Bus DAMRi. Foto: Instagram/@damriindonesia

MerahPutih.com - Bus menjadi salah satu moda transportasi masyarakat untuk bepergian ke luar kota selama libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Direktur Utama Perum DAMRI, Setia N Milatia Moemin menyatakan, pihaknya mempersiapkan 1.670.537 kursi atau tempat duduk untuk dijual kepada masyarakat selama liburan Nataru.

Baca Juga

Antisipasi Lonjakan Penumpang, KAI Tambah 51 Kereta Api untuk Nataru

"Jumlah pelanggan yang kami perkirakan minimum berjumlah 882.759 pelanggan. Tapi kami menyediakan tempat duduk sebanyak 1.670.537 seat yang tersedia untuk dijual selama Nataru," ujarnya di Jakarta, Rabu (14/12).

Setia berharap, ketersediaan tempat duduk dengan jumlah di atas perkiraan pelanggan tersebut mampu mengakomodir lonjakan pelanggan selama Natal dan tahun baru.

DAMRI juga mempersiapkan bus siap guna operasi tahun ini sebanyak 1.379 bus atau naik 127 persen dari tahun sebelumnya yang jumlahnya 1.089 bus.

Kemudian, jumlah perjalanan yang akan terjadi adalah sebanyak 67.161 perjalanan selama masa Nataru, di mana angka tersebut naik 134 persen dari perjalanan di tahun sebelumnya.

"Bus siap operasi juga naik 110 persen dari tahun sebelumnya menjadi 1.093 bus dari 990 bus," tutur Setia.

Baca Juga

Sambut 12.12, KAI Tawarkan 15 Ribu Lebih Tiket Promo

Setia memaparkan, DAMRI telah melakukan inspeksi pengecekan alat produksi terhadap kendaraan yang akan melayani masyarakat pada kegiatan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 untuk meminimalisir tingkat permasalahan pada alat produksi.

Selanjutnya akan dilakukan monitoring kesiapan alat produksi setiap harinya. Terdapat pula tes kesehatan pramudi sebagai upaya melayani masyarakat secara maksimal yang bekerja sama dengan Jasa Raharja.

"Kami juga telah melakukan integrasi antarmoda sebagai first mile dan last mile dengan Pelni, KAI, Pelindo, Angkasa Pura 2, Angkasa Pura 1 dan pada titik serta cabang tertentu kami juga melakukan koordinasi first mile seperti Jemput Antar Jemput Gratis (Abang Jemput) di Lampung dan beberapa tempat lainnya," kata Setia.

Jika dilihat selama Natal dan tahun baru, lanjut Setia, terdapat 155 trayek Damri di Jawa, 145 trayek di Sumatera, 62 trayek di Kalimantan, 75 trayek di Bali, 86 trayek di Sulawesi, dan 106 trayek di Papua.

"Papua biasanya walaupun ini angkutan perintis tapi pada masa Nataru, terutama Natal terjadi kenaikan pelanggan karena mayoritas mereka beragama Kristiani," pungkas Setia. (*)

Baca Juga

KAI Siapkan 5,5 Juta Tiket di Libur Nataru, naik 202 Persen dari Tahun Lalu

#Perum Damri #Libur Natal Dan Tahun Baru
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan