Libur Lebaran di Solo, Jangan Lewatkan Pekan Syawalan Jurug Solo Zoo Taman Pelangi Jurug Solo. (MP/Win)

MerahPutih.com - Libur panjang lebaran sudah menanti. Jika anda sedang mudik atau berliburan di Kota Solo, tak ada salahnya ada menikmati Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo. Pasalnya, mulai 15-19 Juni mendatang, di sana bakal ada Pekan Syawalan Jurug Solo Zoo.

Di tempat ini, Anda bisa mengenal berbagai binatang, juga bisa mengenal budaya. Mengingat, puncak kegiatannya akan ada Kirab Joko Tingkir dan Pesta Ketupat pada hari terakhir, yakni 19 Juni mendatang.

Tak hanya di siang hari anda bisa menikmati kawasan tersebut, namun juga saat malam hari anda bisa memanjakan orang kesayangan anda dengan menyaksikan Air Mancur Menari dalam wujud tiga dimensi. Ada pula Taman Pelangi menjadi sasaran bagi anda penggemar swafoto.

taman pelangi
Taman Pelangi Jurug Solo. (MP/Win)

Joko Tingkir sendiri merupakan sebuah cerita legendaris. Sosok yang mampu menaklukan segala rintangan, untuk naik tahta. Sekalipun dalam perjalannya ia dihadang oleh buaya, namun mampu ditaklukan. Setelah itu, akan dibagikan sebanyak 2.000 ketupat kepada warga masyarakat.

Dirut Perusda TSTJ Kota Solo Bimo Wahyu Widodo Dasir Santosa mengatakan, jika saat pekan Syawalan nanti pihaknya menargetkan 120 ribu pengujung. Di mana 80 ribu untuk mengunjung siang dan 40 ribu untuk pengunjung malam yang menikmati lampion dan air manncur menari.

“Kalau tahun kemarin belum ada Air Mancur Menari, tahun lalui ada sebanyak 70 ribu lebih pengunjung. Dan saat Syawalan nanti kami yakin bisa 120 ribu pengunjung,” kata Bimo kepada MerahPutih.com, Rabu (13/6).

taman pelangi
Taman Pelangi Jurug Solo. (MP/Win)

Untuk Pekan Syawalan nanti, pengunjung bisa menaiki berbagai jenis hewan. “Jelang lebaran ini, kami juga mendatangkan 14 koleksi hwan baru, di mana yang paling terakhir kemarin ada singa dari Kebun Binatang Seruling Mas Banjarnegara, sehingga koleksi hewan di TSTJ semakin lengkap,” terangnya.

Staf Marketing Taman Pelangi Sigit menegaskan, saat pekan Syawalan nanti akan ada yang berbeda, salah satunya permainan laser dan tembakan air yang berbeda seperti air mancur yang ada.

“Kami juga akan memutar lagu Bengawan Solo, di setiap atraksi, lagu itu wajib kami putar, sehingga saat melihat air mancur TSTJ, dan mendengar lagu Bengawan Solo, memori pengunjung kembali teringatkan tentang Kota Solo,” harap Sigit. (*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Win, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya.

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Demi Kelancaran Arus Mudik, Pemkot Solo Tiadakan CFD


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH