Libur Lebaran Berakhir, Pasar Jadi Sasaran Tes Antigen Secara Acak di Kota Tangerang

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 18 Mei 2021
Libur Lebaran Berakhir, Pasar Jadi Sasaran Tes Antigen Secara Acak di Kota Tangerang
Test COVID-19. (Foto: Antara).

MerahPutih.com - Pemerintah Kota Tangerang, Banten, menggelar tes cepat antigen di tiga wilayah pada Selasa (18/5) sebagai upaya deteksi dini kasus COVID-19 sebagai pencegahan usai libur panjang Lebaran 2021.

Lokasi pelaksanaan tes cepat antigen hari ini berada di Pasar Regency Kecamatan Periuk, Pasar Ramadhan dan Terminal Pasar Baru Kecamatan Karawaci dan Pasar Kreo di Kecamatan Larangan.

Baca Juga:

Selama Larangan Mudik, 461.626 Kendaraan Diputar Balik

"Warga yang memiliki gejala bisa melakukan pemeriksaan kepada petugas," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Selasa (18/5).

Tes cepat antigen pun dilaksanakan Pemerintah Kota Tangerang di pos penyekatan Jalan MH Thamrin Kebon Nanas Cikokol dan Gatot Subroto Jatiuwung dengan sasaran pemudik.

Masyarakat yang telah melakukan perjalanan dari luar kota, wajib membawa berkas bebas COVID-19 dan menyerahkan kepada Satgas Si Gacor tingkat RT/RW.

"Untuk kesehatan dan keselamatan bersama, kami imbau warga yang kembali ke Kota Tangerang dari mudik agar membawa berkas bebas COVID-19 atau mengikuti tes cepat antigen yang disediakan Pemkot," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Liza Puspadewi menuturkan, selama 14 hari ke depan akan dilakukan pelacakan massal untuk menemukan kasus sedini mungkin sehingga bisa dilakukan penanganan lebih cepat.

Tes COVID-19. (Foto: Antara)
Tes COVID-19. (Foto: Antara)

Ia menegaskan, tes antigen tersebut dalam upaya meminimalkan adanya risiko penyebaran virus corona di masyarakat. Terlebih dengan tingginya mobilitas masyarakat di hari raya, di pusat perbelanjaan hingga lokasi liburan.

"Untuk swab di pusat keramaian, kita ambil warga secara acak. Petugas juga melakukan 'woro-woro' di lokasi tersebut, untuk warga yang ingin ikut swab dipersilakan secara gratis," katanya dikutip Antara.

Dinas Kesehatan Kota Tangerang telah menyiapkan 10 ribu tes usap antigen dan 10 ribu kantong GeNose dengan enam alat tes GeNose untuk mengantisipasi peningkatan kasus COVID-19 setelah libur panjang. (*)

Baca Juga:

Anies Dapat Dua Instruksi dari Jokowi Pasca Mudik Lebaran

#COVID-19 #Kasus Covid #Mudik #Larangan Mudik #Lebaran #Libur Lebaran
Bagikan
Bagikan