Libur Idul Adha, Volume Kendaraan Keluar Jabodetabek Naik 37 Persen

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 28 Juni 2023
Libur Idul Adha, Volume Kendaraan Keluar Jabodetabek Naik 37 Persen
Kondisi lalu lintas di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama yang ramai lancar, Karawang, Rabu (28/6/2023) (ANTARA/Bayu Saputra)

MerahPutih.com - Animo warga Jabodetabek bepergian saat libur Idul Adha terpantau tinggi.

Buktinya, 45.806 kendaraan meninggalkan Jabodetabek menuju arah Palimanan melalui Gerbang Tol Cikampek Utama (GT Cikatama) sejak Selasa (27 Juni 2023) pukul 20.00 WIB hingga Rabu (28/6).

Saat ini, lalu lintas dari GT Cikatama terpantau ramai lancar, dan pembatasan operasional angkutan barang belum diberlakukan.

Baca Juga:

KPU DKI Tetap Buka Help Desk bagi Caleg saat Cuti Bersama Idul Adha

Lisye Octaviana, Kepala Kelompok Komunikasi Korporat dan Pengembangan Masyarakat Jasa Marga, di Karawang, Jawa Barat, menjelaskan bahwa lalu lintas keluar Jabodetabek diprediksi akan terus meningkat secara signifikan pada hari Rabu ini, dengan perkiraan sekitar 181 ribu kendaraan.

"Naik 37 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal," katanya.

Pada Selasa (27 Juni 2023), atau dua hari menjelang Hari Raya Idul Adha, Jasa Marga telah mencatat sebanyak 50.082 kendaraan keluar Jabodetabek melalui GT Cikatama.

Jumlah tersebut menunjukkan peningkatan sebesar 98,28 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal.

Baca Juga:

Peningkatan Arus Lalu Lintas saat Libur Idul Adha, Kendaraan Mengarah ke 3 Tujuan

Secara total, pada Selasa (27 Juni 2023), Jasa Marga mencatat sebanyak 182.279 kendaraan meninggalkan wilayah Jabodetabek melalui empat gerbang tol utama, yaitu GT Cikupa (menuju Merak), GT Ciawi (menuju Puncak), GT Cikampek Utama (menuju Trans Jawa), dan GT Kalihurip Utama (menuju Bandung).

"Volume lalu lintas yang meninggalkan wilayah Jabodetabek meningkat sebesar 43,24 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal,"jelas Lisye.

Ia mengimbau pengguna jalan untuk melakukan persiapan sebelum memasuki jalan tol.

"Pastikan kendaraan dan pengendara dalam kondisi yang baik, periksa kecukupan bahan bakar dan saldo uang elektronik, serta patuhi rambu-rambu dan petunjuk dari petugas," tutup Lisye. (Knu)

Baca Juga:

Pemprov DKI Gelar Salat Idul Adha di Balai Kota, Terbuka untuk Umum

#Idul Adha
Bagikan
Bagikan