Libur Idul Adha, Penumpang Bandara YIA Naik 31 Persen Penerapan protokol new normal di bandara YIA, DIY. Foto: MP/Teresa Ika

MerahPutih.com - Jumlah penumpang di Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, meningkat sebanyak 31 persen dibandingkan hari normal selama libur Idul Adha

Pejabat sementara General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Yogyakarta, Bambang Triyono, Kamis (30/7), mengatakan peningkatan terjadi sejak Rabu (29/7).

Baca Juga

Manfaatkan Libur Idul Adha, Ratusan Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta

"Tercatat pada tanggal 29 Juli, sebanyak 3.649 penumpang melalui Bandara Internasional Yogyakarta dengan 2.247 penumpang yang tiba dan 1.402 penumpang berangkat melalui Bandara Internasional Yogyakarta," kata Bambang dalam rilisnya di Yogyakarta, Jumat (31/7).

Sementara jumlah penumpang rata-rata hari normal sejumlah 2.785 penumpang. Rute penerbangan terbanyak adalah rute dari dan menuju Cengkareng, Jakarta (CGK). Berdasarkan catatan pihaknya, terdapat 342 pergerakan pesawat untuk rute Jakarta selama bulan Juli.

Penerapan protokol new normal di bandara YIA, DIY
Penerapan protokol new normal di bandara YIA, DIY. Foto: MP/Teresa Ika

Kedua adalah rute Balikpapan (BPN) dengan 172 pergerakan, dan disusul rute Banjarmasin (BDJ) sebanyak 118 pergerakan. Ketiga rute ini menjadi rute favorit bagi pengguna jasa di Bandara Internasional Yogyakarta.

Selama bulan Juni 2020, total penumpang melalui Bandara Internasional Yogyakarta sebanyak 48.806 penumpang, dengan jumlah keberangkatan sebanyak 22.358 penumpang dan kedatangan sebanyak 26.448 penumpang.

"Sementara bulan ini sejak awal bulan sampai tanggal 29 kemarin ada peningkatan penumpang sebesar 87 persen dengan total 80.772 penumpang, dengan total keberangkatan sebanyak 35.273 dan kedatangan sebanyak 45.499 penumpang,"kata dia.

Peningkatan tersebut diikuti dengan langkah PT Angkasa Pura I (Persero) untuk memperketat pelaksanaan protokol kesehatan di Bandara Internasional Yogyakarta, baik bagi penumpang, pengunjung, petugas bandara, maupun mitra usaha.

Pihak bandara telah memperketat pemeriksaan pengunjung. Seluruh karyawan, pengunjung dan mitra usaha yang bertugas di bandara diwajibkan menggunakan alat pelindung diri (APD), mulai dari masker, kacamata pelindung (goggles) atau face shield, sarung tangan, hingga menyediakan cairan pembersih tangan yang tersebar di beberapa titik area terminal.

Selain itu, Penerapan jarak fisik atau physical distancing juga telah dilaksanakan di seluruh area, termasuk di area mitra usaha.

"Kursi antrian pengecekan dokumen penumpang di area kedatangan dan keberangkatan telah diatur menjadi single-seat untuk memastikan jarak antar penumpang terjaga," beber dia.

Personel yang bertugas secara berkala juga mengingatkan seluruh penumpang untuk selalu menjaga jarak fisik, menggunakan masker, dan menjaga kebersihan diri.

Baca Juga

Idul Adha, Pengguna KRL Membludak hingga Tembus 360 Ribu Orang

Berbagai media komunikasi seperti airport TV, pemasangan sticker jaga jarak, hingga public announcement telah ditayangkan di berbagai titik di terminal penumpang untuk terus menumbuhkan kesadaran untuk mematuhi protokol kesehatan pada seluruh pengguna jasa bandara.

“Kami mengimbau kepada seluruh penumpang supaya selalu mematuhi protokol kesehatan di area publik untuk mencegah penyebaran COVID-19, serta tiba di bandara tiga jam lebih awal, melakukan daring check in, serta mengunduh dan menggunakan e-HAC dan aplikasi PeduliLindungi untuk mempercepat proses pemeriksaan dokumen kesehatan,” pungkas Bambang. (Teresa Ika/Yogyakarta)

Kredit : patricia

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH